Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dr Scott Gottlieb, mantan komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerikat Serikat (AS) atau Food and Drug Administration (FDA). ( Foto: Zach Gibson / Getty Images )

Dr Scott Gottlieb, mantan komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerikat Serikat (AS) atau Food and Drug Administration (FDA). ( Foto: Zach Gibson / Getty Images )

Akhir Tahun Ini, 30% Penduduk AS Terinfeksi Covid-19

Selasa, 1 Desember 2020 | 06:29 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Dr Scott Gottlieb, mantan komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerikat Serikat (AS) atau Food and Drug Administration (FDA) memperkirakan bahwa pada akhir 2020 hampir sepertiga penduduk AS terinfeksi virus Covid-19.

Ia menjelaskan, tingginya tingkat infeksi-infeksi sebelumnya kemungkinan berimplikasi pada penyebaran Covid-19 di 2021. Pada saat vaksin-vaksinnya sudah didistribusikan ke seluruh AS.

“Pada akhir tahun ini, kemungkinan 30% populasi AS terinfeksi. Negara ini berpenduduk 330 juta jiwa. Kalau untuk negara bagian seperti Dakota Utara dan Dakota Selatan, mungkin 30%, 35%. Dan dapat setinggi 50%,” kata dia kepada CNBC, Senin (30/11).

Infeksi Covid-19 di AS sejauh ini sudah menjangkiti 13,4 juta orang. Ini menurut data Universitas John Hopkins. Kasus harian baru di AS belakangan mencapai rekor tertinggi sekitar 200.000.

Walaupun begitu, Gottlieb menekankan bahwa selama pandemi ini terjadi, angka infeksi sesungguhnya jauh lebih tinggi lagi. Karena tidak semua orang yang terinfeksi dites dan kemudian didiagnosis.

Pada awal November 2020, tatkala kasus harian sekitar 121.000, Gottlieb menduga angka sesungguhnya jauh lebih tinggi.

“Paling banyak kita sekarang mendiagnosis 1 dari 5 kasus. Mungkin lebih sedikit lagi. Jadi setidaknya setengah juta kasus sehari atau lebih adalah angka infeksi yang sesungguhnya,” kata Gottlieb pada awal November 2020.

Sejak itu, kasus-kasus baru Covid-19 di AS melonjak. Rerata harian tujuh hari terakhir kasus baru Covid-19 hampir mencapai 162.400. Berdasarkan data dari Universitas John Hopkins.

Walaupun angka itu menunjukkan penurunan hampir 5% dibandingkan pekan sebelumnya, tapi pelaporan tidak konsisten karena ada libur Hari Ucapan Terima Kasih.

Tapi, Gottlieb juga mengatakan bahwa skala penyebaran virus Covid-19 sepanjang 2020 dapat membantu penanggulangan penyebarannya di awal tahun depan. Jika vaksinasi sudah dimulai.

Gottlieb saat ini adalah anggota direksi Pfizer, salah satu pengembang vaksin yang sudah mengajukan persetujuan penggunaan darurat vaksin Covid-19. Lalu pada Senin, Moderna mengajukan hal sama setelah uji vaksinnya menunjukkan efektivitas 94% dan dinyatakan aman.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN