Menu
Sign in
@ Contact
Search
Matahari terbenam di balik ladang bunga matahari di dekat Maarat Misrin, Suriah pada 12 September 2022. (FOTO: Omar HAJ KADOUR / AFP)

Matahari terbenam di balik ladang bunga matahari di dekat Maarat Misrin, Suriah pada 12 September 2022. (FOTO: Omar HAJ KADOUR / AFP)

AS Kirim US$ 756 Juta Bantuan Tambahan ke Suriah

Jumat, 16 September 2022 | 10:36 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

WASHINGTON, investor.id – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengumumkan telah mengirim US$ 756 juta bantuan kemanusiaan baru ke Suriah. Kebutuhan hidup tetap sulit didapat di negara tersebut, setelah lebih dari satu dekade perang.

Dana tersebut merupakan tambahan dari US$ 808 juta yang diumumkan awal tahun ini. “(Akan digunakan untuk) melanjutkan dukungan tak tergoyahkan kami untuk rakyat Suriah,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony Blinken dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP Jumat (16/9).

Baca juga: PBB Akan Amankan Pembangkit Nuklir Ukraina yang dikuasai Rusia

Dia menambahkan bahwa duta besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Linda Thomas-Greenfield, telah membuat pengumuman pada hari sebelumnya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB di Suriah.

Blinken menekankan pentingnya perjanjian internasional yang memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan melintasi perbatasan, menyebutnya sebagai “jalur hidup” bagi jutaan warga Suriah.

“Pengiriman lintas batas memastikan bahwa bantuan penyelamatan jiwa termasuk makanan, obat-obatan, dan pasokan bantuan lainnya menjangkau orang-orang di seluruh barat laut Suriah, yang mengandalkan bantuan ini untuk bertahan hidup,” kata Blinken dalam pernyataan itu.

Pada Juli 2022 Dewan Keamanan mengadopsi resolusi yang memperpanjang sistem bantuan lintas batas ke Suriah selama enam bulan, durasi yang diminta oleh Rusia. Sementara anggota lain telah mengincar masa satu tahun penuh.

Baca juga: PBB Serukan Bantuan Internasional US$ 160 Juta Bagi Korban Banjir Pakistan

Sistem pengiriman bantuan melintasi perbatasan Turki ke Suriah yang dikuasai pemberontak. Jalur itu berlaku sejak 2014, sebagai satu-satunya cara bantuan PBB dapat menjangkau warga sipil tanpa menavigasi daerah yang dikendalikan oleh pasukan pemerintah Suriah.

Secara total, pemerintah AS mengatakan telah memasok sekitar US$ 15,7 miliar bantuan kemanusiaan untuk Suriah sejak perang dimulai 11 tahun lalu.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com