Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perdana Menteri baru Italia Mario Draghi berpidato di depan Senat pada 17 Februari 2021, di Roma. ( Foto: Alberto Pizolli / POOL / AFP )

Perdana Menteri baru Italia Mario Draghi berpidato di depan Senat pada 17 Februari 2021, di Roma. ( Foto: Alberto Pizolli / POOL / AFP )

Draghi Siapkan Rencana Pemulihan dari Pandemi

Kamis, 18 Februari 2021 | 06:06 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

ROMA, investor.id - Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi berjanji pada Rabu (17/2) untuk menggunakan segala cara dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang telah menghancurkan negara. Pandemi ini, kata dia, sebenarnya juga memberikan kesempatan kepada Italia untuk bangkit kembali sebagaimana pernah terjadi setelah Perang Dunia II.

Dalam pidato pertamanya sejak menjabat, mantan presiden Bank Sentral Eropa (ECB) itu menyebut pandemi sebagai prioritas utamanya. Dari daftar panjang masalah yang membutuhkan perhatian segera.

"Pemerintah akan melakukan reformasi, tetapi juga akan menangani keadaan darurat," katanya kepada Senat di Parlemen pada Rabu (17/2), yang dikutip AFP.

Draghi sebelumnya mendapatkan dukungan yang hampir bulat untuk memimpin pemerintahan baru persatuan nasional. Draghi (73 tahun), terjun langsung setelah pemerintahan kiri-tengah jatuh. Ia dijuluki "Super Mario” sejak berjanji untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk menyelamatkan euro pada krisis utang 2012.

Pada Rabu ia berjanji untuk memerangi dengan segala cara pandemi yang telah menyebabkan lebih dari 94.000 orang Italia tewas dan memicu resesi yang dalam. Adapun kontraksi ekonomi hampir mencapai 9% tahun lalu.

"Hari ini kami memiliki, seperti yang dilakukan oleh pemerintah periode pascaperang, kemungkinan atau lebih tepatnya tanggung jawab, untuk memulai rekonstruksi baru," ujar Draghi dalam pidato berdurasi hampir selama satu jam.

Pemerintahan barunya melibatkan berbagai partai dari sayap kiri hingga Forza Italia milik Silvio Berlusconi, Gerakan Bintang Lima populis (M5S), dan Eurosceptic, liga sayap kanan Matteo Salvini.

Draghi mengatakan, dengan mendukungnya berarti berbagi prospek dari Uni Eropa (UE) yang semakin terintegrasi yang akan mendarat pada anggaran publik bersama yang mampu mendukung negara-negara di saat resesi.

"Hari ini, persatuan bukanlah pilihan, persatuan adalah kewajiban," imbuhnya.

Situasi Dramatis

Draghi dilantik pada Sabtu (6/2) sebagai perdana menteri ke-30 Italia sejak menjadi negara republik. Pelantikannya mengakhiri sebulan krisis politik berkepanjangan, dipicu oleh jatuhnya koalisi pemerintahan Giuseppe Conte.

Pada Rabu, Draghi mengatakan ia terlibat pergulatan emosi yang mendalam untuk mengambil alih kepemimpinan Italia dalam situasi situasi dramatis seperti sekarang.

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang penyebaran varian baru virus corona, yang telah memicu serangkaian penguncian di kota-kota seluruh Italia, Draghi menekankan pentingnya mempercepat vaksinasi.

Setelah awal yang menjanjikan pada akhir Desember 2020, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 melambat. Baru 1,3 juta orang dari 60 juta populasi yang telah menerima dua dosis yang dibutuhkan.

Dan setelah hampir 450.000 orang kehilangan pekerjaan tahun lalu, kebanyakan perempuan dan kaum muda, Draghi juga menggarisbawahi pentingnya melindungi semua pekerja. Tetapi ia mengatakan, akan menjadi kesalahan juga untuk menyelamatkan semua perusahaan dari kebangkrutan.

Pemerintah Italia mengharapkan dapat menerima lebih dari 200 miliar euro (US$ 240 miliar) dari pendanaan pemulihan pasca-virus corona UE. Tetapi sebagai gantinya, diperkirakan ada reformasi yang berpotensi sulit atau tidak populer.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN