Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo produsen mobil Amerika Serikat (AS), Tesla dan Bitcoin. ( Foto: Artur Widak / NurPhoto via Getty Images )

Logo produsen mobil Amerika Serikat (AS), Tesla dan Bitcoin. ( Foto: Artur Widak / NurPhoto via Getty Images )

Elon Musk: Beli Tesla Sekarang Bisa Pakai Bitcoin

Kamis, 25 Maret 2021 | 06:31 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

NEW YORK, investor.id – CEO Tesla Elon Musk mengumumkan pada Selasa (23/3) malam waktu setempat bahwa mulai sekarang konsumen bisa membeli mobil listrik Tesla di Amerika Serikat (AS) dengan bitcoin.

Tesla bulan lalu mengungkapkan investasi senilai US$ 1,5 miliar di bitcoin dan menyatakan segera menerima mata uang kripto paling populer tersebut sebagai alat pembayaran. “Sekarang bisa membeli Tesla dengan Bitcoin,” ujar Musk via Twitter, yang dikutip CNBC.

Halaman bantuan di situs Tesla menjelaskan bagaimana konsumen dapat membayar pembelian mobil Tesla dengan mata uang digital. Sebelum pajak, harga mobil listrik Tesla berkisar US$ 37.990 sampai US$ 124.000.

“Untuk orang-orang di luar AS, akan dapat membeli Tesla dengan bitcoin nanti tapi di tahun ini juga,” ujar Musk, tanpa menyebutkan di negara mana saja hal dapat berlaku.

Untuk menerima pembayaran dengan bitcoin, Musk mengatakan bahwa Tesla menggunakan peranti lunak terbuka dan internal. Ia menambahkan bahwa Tesla mengoperasikan noda-noda bitcoin secara langsung. Noda adalah komputer pada jaringan bitcoin yang fungsinya memverifikasi transaksi dan menghindarkan mata uang kripto dipakai belanja dua kali.

Harga Naik

Pengumuman Musk tersebut membuat harga bitcoin naik lagi. Pada sesi perdagangan pagi, Rabu, harga bitcoin naik 4,3% menjadi US$ 56.802.

Untuk membeli mobil listrik Tesla dengan bitcoin, calon pembeli masuk ke situs Tesla di AS dan mengeklik pilihan pembayaran. Di situ, konsumen sekarang bisa memilih transaksi dalam bitcoin.

“Tapi, para pembeli yang memilih opsi ini dapat diminta memberikan informasi tambahan sehigga kami dapat memverifikasi identitasnya.

Sementara untuk harga, semuanya ditetapkan dalam dolar AS. Ketika konsumen memilih pembayaran dengan bitcoin, harus membayarkan bitcoinnya setara dengan harga pembelian dolar AS,” kata Tesla.

Musk mengatakan bahwa hasil pembayaran dengan bitcoin itu akan tetap sebagai bitcoin, alias tidak akan dikonversi ke dalam mata uang biasa.

Selain mengumumkan akan menerima pembayaran dengan bitcoin dan janji bekerja sama untuk petani di Pangalengan, Tesla juga mengumumkan kerja sama dengan Mastercard dan perusahaan-perusahaan terkemuka lainnya untuk menerima mata uang kripto. Hal ini turut mendongkrak harga bitcoin pada 2021.

Harga bitcoin saat ini sedikit turun dari rekor tertinggi sepanjang 2021. Sempat menyentuh US$ 61.742 pada awal bulan ini.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN