Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana di Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka Polandia, Kamis, 30 Juni 2022. (FOTO: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev/rst)

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana di Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka Polandia, Kamis, 30 Juni 2022. (FOTO: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev/rst)

Jokowi Tiba di Moskow untuk Bertemu Putin di Kremlin

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:47 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana dikabarkan telah tiba di Moskow, ibu kota Rusia, untuk menemui Presiden Vladimir Putin di Kremlin pada hari kelima kunjungan kerjanya ke luar negeri.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sebelumnya tiba di Stasiun Przemysl Glowny di Przemysl, Polandia, Kamis (30/6) pukul 06.30 waktu setempat.

Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan berangkat dari Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, dan langsung melanjutkan perjalanan ke Bandara Vnukovo II di Moskow. Rombongan tersebut menaiki pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 WIB waktu setempat.

Baca juga: Zelensky Akan Datang ke G20 di Bali, Tergantung Siapa yang Hadir

Sore harinya, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Putin.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan menuju Moskow.

Presiden Jokowi berkunjung ke Rusia untuk melakukan misi perdamaian dengan alasan yang sama di balik kunjungannya ke Ukraina, bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.

Pada pertemuan dengan Presiden Zelenskyy, Jokowi mengatakan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Ukraina. Saat berbincang dengan Zelenskyy, Jokowi juga menekankan sikap Indonesia untuk menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu negara.

Meski sulit dicapai, Jokowi menyoroti pentingnya penyelesaian konflik antara Ukraina dan Rusia dan menyampaikan bahwa semangat perdamaian harus tetap dijaga.

Sementara pada pertemuannya dengan Presiden Putin, Jokowi juga menawarkan untuk membawa pesan dari Zelenskyy kepada Vladimir Putin.

Baca juga: Jokowi Bersedia Bawa Pesan Zelensky ke Putin

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko sempat menjelaskan bahwa Indonesia memilih aktif mengupayakan perdamaian dunia melalui misi Jokowi ke Ukraina dan Rusia, ketika negara lain lebih memilih diam atau berpihak.

“Ini adalah momentum yang sangat baik bagi kita untuk membangun kebanggaan nasional. Di saat negara lain memilih untuk diam atau berpihak, Indonesia memilih untuk aktif bekerja untuk perdamaian,” katanya.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com