Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas pemadam kebakaran bergegas menuju kobaran api yang menimbulkan gumpalan abu besar membubung ke langit di Weed, California pada 1 Juli 2021. ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

Petugas pemadam kebakaran bergegas menuju kobaran api yang menimbulkan gumpalan abu besar membubung ke langit di Weed, California pada 1 Juli 2021. ( Foto: JOSH EDELSON / AFP )

AS dan Kanada

Kebakaran Hutan di Tengah Gelombang Panas

Selasa, 13 Juli 2021 | 05:57 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

LOS ANGELES, investor.id – Wilayah barat Amerika Serikat (AS) dan Kanada pekan ini menghadapi gelombang panas dengan suhu udara menyengat. Peringatan suhu panas masih berlaku pada Senin (12/7) waktu setempat, sementara pihak berwenang berjuang untuk mengendalikan kebakaran hutan yang berkobar di kedua wilayah negara tersebut.

Menurut laporan, cuaca terik melanda sebagian besar pesisir Pasifik dan pedalaman hingga ke tepi barat Pegunungan Rocky pada 10-11 Juli 2021.

Bahkan Layanan Cuaca Nasional AS atau National Weather Service (NWS) telah mengingatkan gelombang panas berbahaya, dengan kemungkinan rekor catatan suhu yang telah terpecahkan pada akhir pekan, yakni perkiraan suhu tertinggi mencapai 52-54 derajar Celcius di wilayah Death Valley California – yang kerap disebut sebagai tempat terpanas di Negeri Paman Sam itu.

NWS kembali memperingatkan suhu berbahaya akan berlanjut di wilayah itu untuk awal pekan ini dengan perkiraan suhu tertinggi hingga 46 Celcius di California selatan, dan mengeluarkan peringatan suhu panas untuk Los wilayah Angeles hingga Senin malam waktu setempat.

NWS menyatakan, suhu akan turun sedikit mulai Senin. Pendinginan suhu yang relatif kecil ini memberian sedikit kelegaan di daerah-daerah yang telah mengalami tekanan jangka panjang dan mencatatkan di atas suhu normal.

“Peringatan suhu panas berlebih masih berlaku untuk sebagian besar lokasi di wilayah tersebut hingga Selasa,” demikian menurut pernyataan, yang dikutip AFP.

Sedangkan ahli meteorologi Kanada memperkirakan, suhu tertinggi mendekati 32 derajat Celcius akan berlanjut di beberapa bagian Kanada barat pada Senin – atau melampaui catatan norma musiman.

Kebakaran Meningkat

Di sisi lain, bencana kebakaran di California utara terus-menerus membesar pada Minggu (11/7) malam, karena dipicu oleh suhu panas dan embusan angin yang meningkat. Pihak berwenang mengatakan telah menerima banyak laporan tentang rumah-rumah warga yang hancur di beberapa kota, dan mendesak penduduk untuk menjauh dari lokasi kebakaran. Cuplikan rekaman kebakaran dari daerah ini menunjukkan banyak mobil, dan rumah yang ditinggalkan para penghuni telah terbakar habis.

Sementara itu, kawasan hutan luas di Beckwourth dilaporkan masih terbakar. Awan asap besar tampak membubung di atas perbukitan. Sedangan Dinas Kehutanan AS melaporkan bahwa di negara bagian Oregon, luas wilayah kebakaran Bootleg Fire meningkat lebih dari tiga kali lipat antara Jumat dan Minggu sehingga mencapai lebih dari 100.000 hektar.

Di Kanada, lebih dari 50 kebakaran hutan baru bermunculan dalam dua hari terakhir. Menteri Transportasi Kanada Omar Alghabra pada Minggu mengumumkan langkah-langkah darurat baru yang bertujuan mencegah kebakaran hutan lebih lanjut di wilayah kering, termasuk tindakan-tindakan untuk memperlambat atau membatasi lalu lintas kereta api.

Pasalnya, kereta api merupakan salah satu penyebab paling umum kebakaran hutan karena sering kali perangkat penahan percikan apinya tidak dirawat dengan baik.

Beberapa jalan raya dan jalan bebas hambatan di daerah itu telah ditutup, karena risiko kebakaran hutan di sebagian besar provinsi itu dinilai pemerintah sebagai kebakaran ekstrem.

Di samping itu, terdapat belasan kota atau daerah yang berada di bawah perintah evakuasi. Pemerintah Kanada telah mengirim penyelidik ke kota Lytton – yang berjarak 250 kilometer dari timur laut Vancouver – untuk melihat apakah kereta-kereta kargo yang lewat kemungkinan menjadi penyebab kebakaran pada akhir Juni , sehingga menghancurkan 90% kota itu.

“Hingga Minggu malam, jumlah kebakaran hutan di seluruh provinsi British Columbia terus meningkat, mencapai lebih dari 300,” kata pihak berwenang setempat.

Dampak Perubahan Iklim

Cuaca panas akhir pekan mengikuti gelombang panas sebelumnya yang melanda wilayah yang sama pada akhir Juni.

Sebuah studi oleh sekelompok ilmuwan iklim terkemuka menemukan bahwa kondisi itu hampir tidak mungkin tanpa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Kelompok Atribusi Cuaca Dunia atau World Weather Attribution mengatakan, pemanasan global, yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca, membuat gelombang panas bulan Juni setidaknya 150 kali lebih mungkin terjadi.

Kondisi terik membuat rekor suhu harian sepanjang masa pecah tiga hari berturut-turut di British Columbia.

Bulan lalu adalah Juni terpanas yang tercatat di Amerika Utara, menurut data yang dirilis oleh layanan pemantauan iklim Uni Eropa.

Aktivitas manusia telah mendorong kenaikan suhu global, memicu badai yang semakin ganas, gelombang panas yang ekstrem, kekeringan, dan kebakaran hutan.

Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) dan Kantor Meteorologi Inggris (Britain's Met Office) mengatakan pada Mei ada kemungkinan 40% suhu global rata-rata tahunan untuk sementara melampaui 1,5 derajat di atas suhu pra-industri dalam lima tahun ke depan.

Enam tahun terakhir, termasuk 2020, adalah enam tahun terpanas yang pernah tercatat.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN