Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo Goldman Sachs.

Logo Goldman Sachs.

Imunisasi Covid-19

Mayoritas Warga Negara Maju Divaksin Lebih Dulu

Selasa, 1 Desember 2020 | 06:38 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

NEW YORK, investor.id – Bank investasi Amerika Serikat (AS) Goldman Sachs memperkirakan lebih dari 70% warga di negara-negara maju sudah divaksin anti-Covid-19 pada musim gugur 2021.

Dalam catatan yang dirilis pekan lalu dan dilansir media pada Senin (30/11), ekonom Goldman Daan Struyven dan Sid Bhushan menyusun perkiraan waktu itu menggunakan kombinasi estimasi pasokan dari data para pengembang vaksin terdepan saat ini dan permintaan menurut data survei konsumen terbaru. Para pengembang vaksin dimaksud adalah Pfizer-BioNTech, Moderna, AstraZeneca, Novavax, dan Johnson & Johnson.

Kedua memperkirakan bahwa dosis-dosis pertama vaksin Covid-19 akan disuntikkan kepada sebagian besar kelompok masyarakat berisiko tinggi di AS. Mulai pertengahan Desember 2020.

“Persetujuan vaksin dan pemberian vaksinnya akan membawa manfaat-manfaat kesehatan publik yang signifikan mulai triwulan pertama tahun depan,” kata kedua ekonom tersebut, seperti dikutip CNBC.

Separuh populasi penduduk AS dan Kanada kemungkinan sudah divaksin Covid-19 pada April 2021. Goldman memperkirakan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau Food and Drug Administration (FDA) menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna dalam beberapa pekan lagi.

Komisi penasihat FDA dijadwalkan menggelar pertemuan pada 10 Desember 2020 dan kemungkinan pada 17 Desember 2020.

Moderna pada Senin menyatakan akan meminta persetujuan penggunaan darurat dari FDA hari itu juga. Setelah data terbaru mengonfirmasikan bahwa vaksinnya efektif lebih dari 94% dalam mencegah infeksi Covid-19 dan sudah aman.

Di AS, penasihat Operation Warp Speed Dr Moncef Slaoui mengatakan belum lama ini kepada CNBC bahwa pemerintah siap memulai imunisasi kepada masyarakat dalam tempo 24 jam setelah persetujuan penggunaan darurat dikeluarkan oleh FDA.

Ia juga memperkirakan distribusi vaksin Covid-19 di AS akan mencapai 35-40 juta dosis pada Desember 2020. Pada akhir pekan lalu, Slaoui mengatakan bahwa masyarakat AS dapat mulai kembali hidup normal pada musim panas 2021.

Lainnya

Sementara itu untuk Eropa, Goldman memperkirakan otorisasi penggunaan vaksin Covid-19 akan keluar pada akhir tahun ini. Berdasarkan pernyataan terbaru dari Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan Badan Obat-Obatan Eropa atau European Medicines Agency (EMA).

Para ekonom Goldman memperkirakan Inggris sudah memvaksinasi separuh populasinya pada Maret 2021. Sedangkan Uni Eropa (UE), Jepang, dan Australia, akan mencapai level tersebut pada Mei 2021.

Kedua ekonom tersebut memperkirakan produksi vaksin Covid-19 secara bertahap meningkat awal tahun depan dan target produksi para pengembangnya akan tercapai.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN