Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Keluarga Joe Biden menjalani sesi foto pada 7 November 2020. Dari kiri: Melissa Cohen, Hunter Biden, Beau Biden, Naomi Biden, Presiden terpilih Joe Biden, Dr. Jill Biden, Maisy Biden, Finnegan Biden, Hunter Biden, Natalie Biden, Ashley Biden, dan Dr. Howard Kerin. ( Foto: Adam Schultz / Biden for President )

Keluarga Joe Biden menjalani sesi foto pada 7 November 2020. Dari kiri: Melissa Cohen, Hunter Biden, Beau Biden, Naomi Biden, Presiden terpilih Joe Biden, Dr. Jill Biden, Maisy Biden, Finnegan Biden, Hunter Biden, Natalie Biden, Ashley Biden, dan Dr. Howard Kerin. ( Foto: Adam Schultz / Biden for President )

Mengenal Sekilas Keluarga Presiden Terpilih AS ke-46 Joe Biden

Selasa, 19 Januari 2021 | 15:18 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan isterinya Jill Tracy Biden akan menjadi penghuni baru Gedung putih usai resmi dilantik pada Rabu (20/1). Sepanjang perjalanan karir, keluarga Biden telah menjadi fokus utama. Bahkan saat kampanye pemilihan presiden (pilpres) 2020, keluarga mereka kembali menjadi sorotan, termasuk beberapa anggota keluarga yang menimbulkan kontroversi, sementara lainnya mendobrak hambatan.

Berikut sekilas tentang keluarga “Presiden terpilih Amerika ke-46” yang baru:

Ibu Negara

Sebagai seorang pendidik, Jill Biden siap untuk mengubah peran barunya bahkan sebelum dia pindah ke Gedung Putih.

Umumnya, peran ibu negara secara tradisional hanya memenuhi tugas seremonial. Tetapi “Dr B” - julukan yang disematkan oleh mahasiswanya – bermaksud terus menjalani profesinya sebagai profesor bahasa Inggris.

Sebagai ibu negara yang akan datang, Jill diharapkan menangani masalah pendidikan dan meluncurkan kembali Joining Forces, yakni sebuah misi kumpul di sekitar keluarga militer yang mana telah dia mulai bersama Michelle Obama pada 2011. Di era kepemimpinan presiden Barack Obama pada 2009-2017.

Pasangan Biden diketahui bertemu pada 1975, selang beberapa tahun setelah senator Delaware ini menghadapi beberapa permasalahan tak terduga yakni saat mendiang istri pertama dan putrinya yang masih muda tewas dalam kecelakaan mobil.

Biden sering berkata bahwa istri keduanya telah “menyatukan kami kembali.” Pasangan itu kemudian menikah pada tahun 1977, dan Jill menjadi ibu sambung bagi putra dari isteri pertama Biden, yaitu Hunter dan Beau yang selamat dari kecelakaan mobil.

Pernikahan kedua pasangan itu juga dikaruniai seorang putri, bernama Ashley.

Di sela-sela mengurus keluarganya, Jill (69 tahun) berhasil meraih dua gelar Master, dan akhirnya meraih gelar doktor di bidang pendidikan.

Jill adalah pendukung utama suaminya yang melalui tiga pencalonan presiden sebelumnya. Dia adala pendukung paling vokal dan juru kampanye tak kenal lelah selama pencalonan Biden terakhir.

Anak-anak Presiden

Biden sering berbicara tentang bagaimana hubungan dengan putra-putranya telah membantunya mengatasi kesedihan di tengah-tengah membangun karier politiknya, serta ketika dia menikahi Jill.

Selama bertahun-tahun bekerja sebagai senator, Biden kerap pulang-pergi menggunakan kereta api selama dua jam antara rumah keluarga di Delaware dan Washington agar dapat hadir untuk Hunter dan Beau.

Beau dipandang mewarisi etos pelayanan publik dan keterampilan politik ayahnya. Dia bertugas di militer di Irak dan menjadi jaksa agung Delaware. Tapi Beau meninggal karena kanker otak pada 2015, di usia ke-46, kurang dari dua tahun setelah didiagnosis.

Di setiap kesempatan menyampaikan pidato politik, Biden sering menyebut nama mendiang putranya, dan rutin mengunjungi makam Beau serta istri dan putri pertamanya.

Sedangkan putra Biden yang lain, Hunter memilih menjauh dari sorotan publik. Dia berjuang dengan alkohol dan kecanduan narkoba, dan keluar dari Angkatan Laut (Navy Reserve) pada 2014 karena positif kokain.

Bahkan Hunter menjadi sasaran serangan Donald Trump menjelang pemungutan suara 3 November 2020, terkait bisnisnya di Ukraina dan Tiongkok.

Hunter (50 tahun), adalah seorang seniman yang berbasis di Los Angeles, dan telah mengakui tampil buruk dalam beberapa urusan bisnisnya. Tetapi dia membantah melakukan kesalahan.

Terlepas ketidaksempurnaan pada Hunter, Biden tetap teguh dalam mendukung putranya. Dukungan ini ditunjukkan Biden ketika menghadiri debat presiden terakhir, saat Trump mengejek Hunter yang memakai kokain. Mantan wakil presiden era presiden Obama itu hanya berkata: “Saya bangga padanya. Saya bangga pada anak saya.”

Hewan Peliharaan Presiden

Donald Trump ternyata merupakan presiden presiden pertama dalam lebih dari seabad yang tidak memiliki hewan peliharaan anjing. Namun, pada 20 Januari Gedung Putih akan diramaikan oleh keluarga Biden yang membawa dua anjingnya, yakni jenis gembala Jerman bernama Champ dan Major, serta seekor kucing yang baik ras atau namanya belum diungkapka. .

Champ sendiri telah bersama Biden sejak 2008. Sementara itu, Major adalah anjing yang diadopsi dan diasuh keluarga Biden pada 2018. Menurut tim Biden, Major akan menjadi anjing adopsi pertama yang tinggal di Gedung Putih.

Pada salah satu iklan kampanye Biden yang mengingatkan warga Amerika untuk memilih “Manusia Anda dengan bijak”, turut menampilkan model anjing yang dinilai sebagai sahabat manusia.

Kedua anjing itu juga membintangi pesan liburan keluarga Bidens. Terdapat cuplikan video yang menyorot Champ sedang bersantai di dekat pohon Natal dengan latar belakang musik instrumental We Wish You A Merry Christmas, dan Major yang sedang bermain di sekitar rumah dengan latar belakang musik yang diiringi petikan gitar listrik.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : AFP

BAGIKAN