Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Zhong Shanshan, pendiri raksasa perusahaan air kemasan Nongfu. ( Foto: Rex Features )

Zhong Shanshan, pendiri raksasa perusahaan air kemasan Nongfu. ( Foto: Rex Features )

Miliarder di Tiongkok Bertambah 200 Orang Lebih

Rabu, 3 Maret 2021 | 06:47 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

BEIJING, investor.id – Daftar Orang Kaya Global Hurun menyampaikan bahwa jumlah orang kaya di Tiongkok bertambah lebih dari 200 miliarder pada tahun lalu. Penambahan ini disebabkan oleh booming pasar saham, dan banyaknya perusahaan yang melakukan pencatatan saham (listing) baru sehingga mengimbangi kerusakan yang ditimbulkan pandemi virus corona Covid-19.

Daftar orang kaya versi Hurun yang dirilis Selasa (2/3) menunjukkan, terdapat 259 orang kaya yang masuk ke dalam kelompok dengan nilai kekayaan miliaran dolar sehingga total menjadi 1.058. Jumlah ini lebih dari gabungan orang kaya di seluruh dunia, dan menjadikan Tiongkok sebagai negara pertama yang menembus angka 1.000.

Dibandingan Tiongkok, Amerika Serikat (AS) berada sebagai pemain terbaik kedua karena hanya menciptakan 70 miliarder baru, sehingga totalnya menjadi 696 orang.

Menurut laporan, anggota kelompok miliarder eksklusif Tiongkok tersebut mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua itu digadang-gadang terus menggungguli sebagian besar negara lainnya.

Di samping itu, kemampuannya untuk menghindari sebagian besar dampakterburuk dari virus corona telah membuatnya menjadi salah satu dari sedikit negara yang berkembang pada 2020.

Sebagai informasi, Zhong Shanshan – pendiri raksasa perusahaan air kemasan Nongfu – sebagai pemimpin dalam kelompok miliarder di Tiongkok, dan pertama kali masuk daftar dengan nilai kekayaan mencpai US$ 85 miliar. Jumlah kekayaan Zhong telah menempatkannya pada posisi nomor satu di Asia, dan 10 besar dalam daftar Hurun. Karir Zhong diawali sebagai pekerja konstruksi, kemudian ia menghasilkan uang sendiri setelah melakuan penawaran umum perdana (IPO) senilau US$ 1,1 miliar di Hong Kong pada tahun lalu.

Sedangan taipan Jack Ma – pemilik raksasa e-commerce Alibaba – terjun dari posisi puncak karena terdampak tindakan tegas Pemerintah Tiongkok. Pengusaha asal Negeri Tirai Bambu ini pernah menjadi 'anak kesayangan' pemerintah, sebelum mendapat tekanan regulator, yang menguasai Alibaba dan anak usahanya perusahaan financial technology (fintech) Ant Group, karena isu anti-trust.

Selain itu, ada tiga orang lain yang secara global menambahkan nilai kekayaan lebih dari US$ 50 miliar dalam satu tahun. Hasil survei menemukan bahwa Elon Musk dari Tesla, Jeff Bezos dari Amazon, dan Colin Huang dari Pinduoduo, sebagaisalah satu pemain ecommerce dengan pertumbuhan tercepat di Tiongkok.

“Secara keseluruhan, Tiongkok terus memimpin penciptaan kekayaan dunia,” demikian bunyi laporan Hurun, yang dilansir AFP.

Jauh Lebih Banyak

Laporan menambahkan bahwa ada 490 miliarder baru dalam lima tahun terakhir, dibandingkan 160 miliarder yang bertambah di Negeri Paman Sam.

Chairman Laporan Hurun Rupert Hoogewerf mengatakan, bahkan dengan adanya kekacauan yang disebabkan pandemi, catatan tahun lalu memperlihatkan peningkatan kekayaan terbesar dalam dekade terakhir karena penambahan listing baru dan pasar saham yang booming.

“Asia memiliki, untuk pertama kalinya dalam mungkin ratusan tahun, lebih banyak miliarder daripada gabungan seluruh dunia,” katanya.

Laporan tersebut juga menandai terjadinya pergeseran di Hong Kong, di mana kini para pengusaha kota tengah “dikerdilkan” oleh rekan-rekannya di wilayah daratan. Bahkan hanya ada tiga taipan Hong Kong yang berhasil masuk ke daftar 50 orang kaya di Tiongkok. Sebanyak enam dari 10 kota teratas dunia dengan konsentrasi miliarder tertinggi sekarang berada di Tiongkok. Dan Beijing berada di puncak teratas untuk tahun keenam berturut-turut.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN