Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para pendukung petahana Donald Trump melihat konferensi pers yang dilakukan oleh pengacara presiden AS, Rudy Giuliani, di sebuah tempat parkir di Philadelphia pada 7 November 2020. ( Foto: BRYAN R. SMITH / AFP )

Para pendukung petahana Donald Trump melihat konferensi pers yang dilakukan oleh pengacara presiden AS, Rudy Giuliani, di sebuah tempat parkir di Philadelphia pada 7 November 2020. ( Foto: BRYAN R. SMITH / AFP )

Partai Republik Galang Dana US$ 60 Juta untuk Gugatan Trump

Minggu, 8 November 2020 | 11:31 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id - Partai Republik tengah berusaha menggalang setidaknya US$ 60 juta untuk mendanai gugatan hukum yang diajukan oleh Presiden Donald Trump atas hasil pemilihan presiden AS.

Trump terus menggaungkan bahwa pihaknya akan mengajukan tuntutan hukum di beberapa negara bagian selama pemilihan hari Selasa, ketika penantang Demokrat Joe Biden semakin dekat untuk memenangkan Gedung Putih, memperluas keunggulannya di negara bagian yang menjadi perebutan.

Dana sebesar itu harus disiapkan Trump  mengingat proses sengketa hukum akan berpotensi berlarut-larut.

Sejak pemungutan suara berakhir pada hari Selasa, tim kampanye Trump telah mengirimkan email ke berbagai pihak pendukungnya yang menuduh adanya kecurangan dan sekaligus mencari sumbangan. Meskipun catatan kecil menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari uang yang terkumpul akan digunakan untuk membayar utang selama kampanye.

Seorang penasihat Trump menggambarkan strategi litigasi kampanye sejauh ini kacau, tidak terorganisir, dan "merugikan presiden."

Penasihat tersebut, yang juga tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa tim Trump tampaknya terkejut dengan hasil pemilihan dan tidak siap untuk melakukan gugatan hukum.

Trump di Twitter, Jumat malam menulis cuitan bahwa dia memiliki "keunggulan besar" di negara bagian menjelang malam pemilihan, yang "secara ajaib" menghilang seiring berlalunya waktu.

"Mungkin petunjuk ini akan kembali seiring proses hukum kami bergerak maju!" cuit Trump.

Penasihat senior kampanye Trump David Bossie, seorang aktivis konservatif terkemuka yang memimpin kelompok advokasi Citizens United, dikabarkan telah ditunjuk Trump untuk memimpin proses gugatan hukum pascapemilihan,  

Bossie termasuk di antara sekelompok loyalis Trump yang berada di Las Vegas minggu ini menantang penghitungan ulang di Nevada dan merupakan pendukung di antara lingkaran dalam Trump.

Ketika Biden memperbesar keunggulannya di Pennsylvania dan Georgia pada hari Jumat, seorang pejabat Republik mengatakan bahwa dirinya meragukan strategi penghitungan ulang suara di berbagai negara bagian akan menghasilkan kemenangan bagi Trump.

“Matematika adalah apa adanya. Anda melihat apa yang diperlukan penghitungan ulang untuk membalikkan hasil dan kami berada jauh di luar angka itu, ”kata pejabat itu.

Sementara di kubu Biden, pada hari Rabu tim kampanye telah meluncurkan "Biden Fight Fund" untuk membantu mengumpulkan uang untuk melayani gugatan hukum Trump.

Namun seorang juru bicara kampanye Biden tidak menyebutkan seberapa besar target penggalangan dana.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Reuters

BAGIKAN