Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kantor Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Atlanta, Georgia. ( Foto: Tami Chappell / AFP )

Kantor Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Atlanta, Georgia. ( Foto: Tami Chappell / AFP )

Rekomendasi Vaksinasi Covid di AS akan Diumumkan Pekan Ini

Senin, 30 November 2020 | 07:26 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Otoritas-otoritas kesehatan Amerika Serikat (AS) akan menggelar pertemuan darurat pekan ini. Untuk merekomendasikan bahwa vaksinasi Covid-19 harus diberikan pertama kali kepada para tenaga kesehatan (nakes) dan masyarakat yang dirawat lama di rumah sakit.

Rencana pertemuan tersebut diumumkan oleh komisi imunisasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada akhir pekan lalu. Yang menandakan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau Food and Drug Administration (FDA) tak lama lagi mengeluarkan otorisasi distribusi vaksin. Setidaknya untuk warga masyarakat yang paling rentan terinfeksi.

Maskapai United Airlines sudah mulai bergerak untuk pengiriman vaksin buatan Pfizer Inc dengan penerbangan-penerbantan carter. Untuk memastikan distribusinya berjalan cepat, begitu persetujuan penggunaan darurat vaksin itu keluar.

Komisi Penasihat Praktik Imunisasi CDC dijadwalkan menggelar pemungutan suara pada Selasa (1/12). Untuk merekomendasikan kepada FDA bahwa para nakes dan mereka yang dirawat lama di RS menjadi dua kelompok pertama yang mendapatkan vaksin. Hal ini dituturkan juru bicara CDC yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip Reuters.

Lampu hijau bagi vaksin dari produsen mana pun nantinya akan menjadi kabar baik bagi rakyat AS. Karena pemerintah saat ini menjalankan lagi langkah-langkah agresif untuk mengatasi gelombang kedua infeksi Covid-19.

Otoritas kesehatan Los Angeles County akhir pekan lalu melarang kerumuman di tempat umum maupun di kediaman pribadi. Untuk jangka waktu setidaknya tiga pekan. Masyarakat juga didesak untuk sebisanya tidak keluar rumah.

Pengecualian diberikan untuk kegiatan keagamaan dan aksi unjuk rasa terhadap perintah tersebut. Karena adanya perlindungan konstitusi, setelah Mahkamah Agung AS pekan lalu menolak pembatasan terhadap gereja dan sinagog oleh pemerintah New York.

Gubernur New York Andrew Cuomo menyebut keputusan MA itu tidak relevan. Karena pemerintah negara bagian sudah menyesuaikan keputusannya ke area-area spesifik yang tidak termasuk dalam langkah pembatasan tersebut.

Tapi putusan itu dapat memicu langkah hukum terhadap pembatasan serupa di negara bagian lain. Termasuk di California.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN