Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang tenaga kesehatan sedang mempersiapkan dosis vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech di rumah sakit Notre-Dame, di Brussels, Belgia, pada 28 Desember 2020. ( Foto: Johanna Geron / POOL / AFP )

Seorang tenaga kesehatan sedang mempersiapkan dosis vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech di rumah sakit Notre-Dame, di Brussels, Belgia, pada 28 Desember 2020. ( Foto: Johanna Geron / POOL / AFP )

Sudah 40 Juta Lebih Dosis Vaksin Diberikan

Selasa, 19 Januari 2021 | 07:18 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

PARIS, investor.id – Sudah lebih dari 40 juta dosis vaksin Covid-19 diberikan di seluruh dunia hingga Senin (18/1). Israel untuk sementara yang terbanyak sudah memberikan vaksinasi Covid-19.

- Israel memimpin -

Sedikitnya sudah 60 negara dan teritori yang mencakup 61% populasi dunia sudah meluncurkan program vaksinasi Covid-19. Tapi, sembilan dari 10 dosis vaksin yang diberikan saat ini baru berlangsung di 11 negara saja.

Israel saat ini memimpin program vaksinasi Covid-19. Israel sudah memberikan 2,43 juta vaksin kepada 2,12 juta jiwa atau hampir 25% penduduknya.

Sekitar 3,6% penduduk Israel sudah menerima dosis kedua vaksin Covid-19. Vaksin yang digunakan buatan Pfizer dan Israel sudah mengamankan stoknya dalam jumlah sangat besar. Yang mana kesepakatan pembeliannya tercapai antara lain karena Israel berjanji akan berbagi data dampak vaksin tersebut, secepatnya kepada Pfizer.

Seorang pakar mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 di Israel adalah eksperimen terbesar terhadap manusia di abad 21.

- Inggris terbanyak di Eropa -

Amerika Serikat memimpin dari sisi volume. AS sudah memberikan 12,28 juta dosis kepada 10,60 juta orang atau 3,2% dari populasi penduduknya. Lebih banyak dibandingkan Tiongkok yang sudah mencapai 10 juta dosis.

Sementara di Eropa, Inggris yang memimpin. Karena Inggris juga adalah negara pertama yang meluncurkan vaksinasi Covid-19 pada awal Desember 2020.

Inggris sejauh ini sudah memberikan 4,31 juta dosis vaksin kepada 3,86 juta orang atau 5,7% populasi. Berikutnya adalah Italia yang sudah memberikan 1,15 juta dosis dan Jerman 1,05 juta dosis vaksin.

Uni Eropa (UE) secara keseluruhan sudah memberikan lebih dari lima juta dosis vaksin Covid-19 kepada sekitar 1,2% penduduknya. Denmark yang memimpin di UE karena sudah memberikan satu dosis vaksin Covid-19 kepada 2,9% penduduknya.

- Tujuh vaksin -

Sejauh ini sudah ada tujuh vaksin Covid-19 yang disetujui izin edar daruratnya di seluruh dunia. Seluruhnya harus diberikan dalam dua dosis kepada setiap orang.

Vaksin buatan Pfizer-BioNTech dari AS dan Jerman serta Moderna dan AS saat ini mendominasi dosis vaksin yang sudah diberikan di Amerika Utara, Eropa, Israel, dan wilayah Teluk.

Vaksin AstraZeneca-Oxford buatan Inggris paling banyak digunakan di Inggris dan India. Tapi India juga menggunakan vaksin lokal buatan perusahaan farmasi Bharat Biotech.

Sementara itu, vaksin Sputnik V buatan Rusia sudah digulirkan di Rusia, Argentina, Belarusia, dan Serbia. Vaksin Sinopharm buatan Tiongkok sudah diberikan di Tiongkok, Uni Emirat Arab, Bahrain, Seychelles, dan Yordnia. Sedangkan Indonesia dan Turki menggunakan vaksin Sinovac yang juga buatan Tiongkok.

- Total global -

Secara keseluruhan, hingga Senin (18/1) siang, sedikitnya sudah 40.062.725 juta dosis vaksin sudah diberikan di seluruh dunia. Tapi jumlahnya bisa lebih besar lagi karena Tiongkok, AS, dan Rusia sudah beberapa hari tidak memperbarui datanya.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN