Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

KOPI PAGI

New Normal, Katalis IHSG Tembus 4.800

Selasa, 2 Juni 2020 | 07:30 WIB
Oleh Hari Prabowo

JAKARTA, Investor.id - Di bursa adakalanya cuaca mendung, hujan bahkan badai datang. Namun sepertinya pagi ini bursa nampak cerah. Ini terindikasi dari bursa global dan regional yang cerah mengawali bulan Juni 2020.

Pekan lalu, yang hanya ada empat hari perdagangan bursa, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) didominasi zone hijau.

Sebelumnya saya khawatir bahwa setelah empat hari berturut-turut IHSG hijau biasanya akan terjadi koreksi teknikal, walaupun itu koreksi yang sehat. Namun melihat cuaca yang relatif bagus mayoritas bursa, sepertinya akan merembet ke IHSG, atau akan terjadi anomali atas bursa kita?.

Selain itu, rencana Pemerintah memberlakukan New Normal untuk menghidupkan kembali sektor perekonomian akan menjadi katalis positif bagi IHSG hari ini. Jadi prediksi saya hari ini IHSG cenderung menguat antara 0,5% sampai dengan 1% sehingga berpotensi menembus level 4800.

Sektor yang kemungkinan akan menjadi motor penggerak adalah konsumsi, keuangan, industri dasar dan transportasi. Silakan mencermati saham-saham bank papan atas seperti BBRI, BBCA, BBNI, BMRI. Disamping itu, perlu juga dicermati UNVR, MYOR, JOFA, KRAS, GIAA.

Akhir pekan lalu memang terjadi pergeseran komposisi saham yang masuk perhitungan index MSCI suatu lembaga penilai independen, sehingga beberapa saham terjadi penurunan harga secara tajam disamping juga ada yang naik tajam pula, itu dampak dari bobot index MSCI yang berlaku awal Juni 2020 ini.

Investor asing memang masih menganggap index MSCI ini "sakral" sehingga nampak investor asing yang paling reaktif akhir pekan kemarin menukar sahamnya. Ini juga pembelajaran bagi investor pemula bahwa pergerakkan harga itu bisa dipengaruhi pula oleh informasi penting terbaru yang berpengaruh terhadap investasi.

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.
 

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN