Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

KOPI PAGI

Trader atau Investor?

Rabu, 1 April 2020 | 07:50 WIB
Oleh Hari Prabowo

JAKARTA, Investor.id – Di tengah bearish market, mungkin banyak traders saham yang bisa memanfaatkan "gelombang" pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia. Sementara itu, tipe investor masih harus menunggu waktu dengan target gain yang diharapkan.

Memang masing-masing orang beda karakter dan beda strategi dalam menyikapi pasar saat ini. Beda antara tipe traders dan investor. Kita juga bisa menyesuaikan diri kapan menjadi trader dan kapan menjadi investor. Tentu hal ini dengan mempertimbangkan kondisi pasar.

Sementara ini kita tahu bahwa kondisinya amat sulit diprediksi. Kapan pendemi wabah virus corona (Covid-19) yang merusak ekonomi akan berakhir. Ketidakpastian inilah yang akhirnya menjadi "gelombang besar" atau volatilitas tinggi yang menerpa harga saham maupun indeks harga saham gabungan (IHSG).

Harga saham bisa naik turun secara cepat dengan rentang harga yang lebar. Nah, disinilah traders bisa "berselancar" menikmatinya cuan di tengah bearish market. Ini tentu buat orang yang punya kemampuan dan memang berjiwa trader.

Lihat saja pergerakkan harga saham TLKM, BBRI, BBNI, UNVR, JPFA, SMGR, misalnya. Kemarin saham-saham tersebut naik turun beberapa kali dalam sehari. Nah, kalau saja Anda jagoan berselancar, tentu bisa menikmatinya.

Sementara Anda yang berniat menjadi investor tulen, silahkan akumulasi dan tunggu waktunya panen. Hanya saja saat ini sangat sulit untuk memprediksi kapan waktu panen itu tiba?

Sementara yang tipe trader bisa berliuk-liuk untuk memancing gain di saat seperti ini. Mereka bahkan lebih senang dan asyik berselancar di tengah gelombang pergerakan harga saham.

Anda tipe yg mana?

Saya memprediksi hari ini gelombang masih cukup besar. Jadi, silahkan menikmati berselancar, terutama saham-saham unggulan (blue chips).

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN