Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
WhatsApp

WhatsApp

Cara Menjaga Privasi di WhatsApp (Bagian 1)

Senin, 16 September 2019 | 17:00 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Apakah Anda pernah merasa khawatir privasi terganggu ketika menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp? Jika khawatir, berikut paparan dari dan tentang WhatsApp, beberapa fitur penting, dan tips jitu untuk menjaga keamanan data privasi.

WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan singkat bagi miliaran orang di dunia dan jutaan masyarakat di Indonesia. Masyarakat mengandalkan aplikasi ini untuk dapat terhubung dengan keluarga, teman, atau bahkan rekan kerja karena mudah digunakan dan terpercaya.

Seringkali kita bertanya-tanya, mungkinkah kita melakukan percakapan di WhatsApp tanpa membuat orang lain mengetahui apa isi percakapan tersebut?

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menjaga kerahasiaan informasi yang kita bagikan di WhatsApp. Namun fitur privasi di aplikasi ini akan dapat bekerja sempurna apabila kita sendiri mengetahui cara menggunakannya.

Bahkan, WhatsApp memberikan kebebasan kepada para penggunanya untuk mengatur tingkat privasi. Karena, tidak seluruh aktivitas kita harus diketahui oleh orang lain yang ada dalam daftar kontak.

Bayangkan, Anda sedang berlibur dan membuka WhatsApp menunjukkan status online, seketika itu juga rekan kerja Anda ‘menyerbu’ dengan berbagai macam pertanyaan terkait pekerjaan. Mungkin, ini bisa membuat Anda berpikir, adakah cara untuk tetap online di WhatsApp tanpa diketahui orang lain?

Lalu, bayangkan pula, ketika Anda sedang berada di sebuah kafe bersama teman. Ponsel Anda tiba-tiba berdering dan muncul notifikasi pesan WhatsApp di layar, dan seketika itu pula, teman Anda mengintip pesan yang muncul.

Jika Anda khawatir dengan hal-hal tersebut dan ingin menjaga kerahasiaan percakapan di WhatsApp, berikut beberapa tips bagaimana memanfaatkan fitur privasi di WhatsApp yang perlu diketahui.

Pertama, Enkripsi ujung ke ujung

Pertama-tama, tahukah Anda bahwa pesan yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp hanya dapat dilihat oleh mereka yang sedang saling berbincang dan bertukar informasi?

WhatsApp percaya bahwa seluruh pesan yang dikirim dan terima harus berada dalam genggaman Anda sendiri. Karena itu, WhatsApp tidak pernah menyimpan pesan di dalam server.

Fitur enkripsi ujung ke ujung (end-to-end enscription) menunjukkan bahwa WhatsApp maupun pihak ketiga tidak bisa membaca pesan yang dikirim melalui aplikasi ini. Enkripsi ini memberikan Anda privasi maksimal atas percakapan yang dilakukan dengan orang lain.

Apabila menghadapi situasi tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah buka fitur privasi WhatsApp di aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut. Buka Pengaturan, lalu pilih Akun, dan pilih Privasi.

Di sana, Anda bisa menonaktifkan Read Receipt, atau Laporan Dibaca agar tidak ada tanda yang menunjukkan bahwa Anda telah membaca pesan tersebut. (Bersambung)

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN