Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
WhatsApp

WhatsApp

Cara Menjaga Privasi di WhatsApp (Bagian 2)

Senin, 16 September 2019 | 17:37 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Apakah Anda pernah merasa khawatir privasi terganggu ketika menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp? Jika khawatir, berikut lanjutan beberapa fitur penting, dan tips jitu untuk menjaga keamanan data privasi.

Kedua, Katakan tidak pada si pengintip

Sebagian orang ingin melihat langsung isi pesan WhatsApp yang diterima melalui notifikasi di ponsel. Tapi, sebagian yang lain tidak. Selain dapat menonaktifkan notifikasi semua pesan yang diterima, Anda sebenarnya dapat menentukan notifikasi pesan mana yang hendak dinonaktifkan.

Caranya mudah. Buka Pengaturan, lalu pilih Notifikasi. Di sana, Anda dapat menentukan notifikasi mana saja yang ingin ditampilkan. Ini berlaku untuk pesan personal maupun grup.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan notifikasi yang muncul di layar dalam bentuk banner, suara, atau getaran.

Ketiga, Menjaga informasi tetap aman

Banyak orang berpikir bahwa untuk menjaga kerahasiaan di WhatsApp dapat menggunakan kata sandi (password) yang mudah diingat dan berhubungan dengan pengalaman pribadi.

Persoalannya, angka-angka kata sandi justru dengan mudah ditebak dan diketahui oleh orang lain. Karena itulah, ada fitur Verifikasi Dua Langkah (Two-step Verification) di WhatsApp yang dapat menjaga informasi tetap aman.

Ada dua elemen penting dalam Verifikasi Dua Langkah. Pertama, kode, atau nomor yang dikirimkan melalui pesan singkat, atau panggilan telepon ketika pertama kali mengaktifkan WhatsApp.

Kedua, enam digit PIN yang harus Anda buat sendiri. Setelah membuat PIN, Anda akan diminta untuk mendaftarkan e-mail jika sewaktu-waktu lupa enam digit PIN tersebut.

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan, lalu pilih Akun, dan pilih Verifikasi Dua Langkah. Setelah itu, masukkan enam digit PIN sewaktu mendaftarkan nomor telepon di WhatsApp untuk kedua kalinya.

Setelah aktif, WhatsApp sewaktu-waktu akan meminta Anda untuk memasukkan PIN sebelum mengakses aplikasi.

Keempat, Lindungi privasi foto profil

Lebih lanjut, Anda bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat profil foto yang Anda pasang diWhatsApp.  Beberapa orang mungkin mengizinkan foto profil untuk dilihat oleh semua orang yang ada di daftar kontak.

Tapi, tak sedikit juga yang lebih suka menyembunyikannya, terutama dari mereka yang tidak dikenal. WhatsApp memiliki fitur untuk mengaturnya.

Caranya, buka Pengaturan, lalu pilih Akun, kemudian, pilih Pribadi. Di sini, Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil, baik itu semua orang, atau hanya mereka yang ada di daftar kontak, atau bahkan tidak siapa pun.

Fitur tersebut bisa berlaku juga untuk pengaturan Status, Terakhir Dilihat (Last seen), Tentang (About), hingga Lokasi Langsung (Live location) Anda. (Selesai)

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN