Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate menjadi Inspektur Upacara Hari Bakti Postel ke-76. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate menjadi Inspektur Upacara Hari Bakti Postel ke-76. (IST)

Kemkominfo Percepat Pemerataan Akses Teknologi Digital

Senin, 27 September 2021 | 18:47 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan, agenda percepatan akselerasi transformasi digital dilakukan di semua sektor, termasuk pos dan telekomunikasi. Sektor tersebut harus terus didorong agar akses makin meluas dan masyarakat dapat merasakan manfaat teknologi digital.

Johnny menegaskan, agenda transformatif tidak hanya ditujukan agar sektor pos dan telekomunikasi Indonesia dapat semakin maju, tetapi juga untuk mendorong perluasan akses dan kebermanfaatan teknologi digital.

“Tujuannya agar dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali," ujar dia, dalam ‘Upacara Hari Bakti Postel ke-76’ di Kantor Kemkominfo, Jakarta, yang disiarkan secara virtual, Senin (27/9).

Menkominfo menuturkan, peringatan Hari Bakti Postel ke-76 menjadi momentum perjuangan dalam mewujudkan transformasi digital. Upaya ini disampaikannya sama seperti perjuangan Soetoko bersama para pahlawan Angkatan Muda Pos, Telegraf, dan Telepon (AMPTT), yang membebaskan jawatan PTT sekaligus merintis awal mula sektor pos dan telekomunikasi Indonesia.  

Di tengah era disrupsi informasi dan kemajuan teknologi digital sekarang, semangat juang Soetoko dan para pahlawan muda AMPTT terus membara melalui kerja bersama bangsa Indonesia dalam mewujudkan agenda akselerasi transformasi digital Indonesia.

“Semangat tersebut kita peringati bersama melalui Hari Bhakti Postel ke-76 yang mengusung tema ‘Semakin Digital, Indonesia Semakin Tangguh dan Tumbuh',” jelasnya. 

Menurut dia, akselerasi transformasi digital Indonesia merupakan komitmen nyata Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lompatan besar inovatif, demi mendorong pemulihan serta kebangkitan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19. 

“Ini sekaligus mewujudkan Indonesia sebagai salah satu dari lima kekuatan ekonomi terbesar dunia, sesuai dengan Visi Indonesia 2045,” tandas Johnny. 

Peta Jalan

Sebagai leading sektor dalam agenda akselerasi transformasi digital Indonesia, Kemkominfo menuangkan perwujudan agenda prioritas tersebut ke dalam Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. 

Peta Jalan merupakan pedoman strategis pelaksanaan akselerasi transformasi digital Indonesia bagi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan, baik publik maupun privat.  

Roadmap tersebut disusun sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas pada 3 Agustus 2020 yang lalu. Kemudian, hal tersebut diupayakan secara simultan pada empat sektor strategis, yakni infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, serta masyarakat digital.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN