Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Dorong STMM Yogyakarta Kembangkan Kolaborasi Global

Menkominfo Sampaikan 10 Tren Lapangan Kerja Baru Digital

Rabu, 8 Desember 2021 | 21:32 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menginginkan lulusan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta dapat memanfaatkan peluang pekerjaan di sektor industri teknologi digital. Sebab, ada 10 tren lapangan pekerjaan baru yang muncul karena dampak transformasi digital.

Karena itu, Menkominfo pun mendorong STMM berkolaborasi dengan perguruan tinggi nasional dan global. “STMM saya harapkan mampu merespons dengan tangkas proyeksi (pekerjaan baru) dengan penyiapan sumber daya yang padu dengan kebutuhan sumber daya manusia nasional di era digital ini,” ujar Johnny, dalam orasi ilmiah Wisuda STMM 2021 secara virtual dari Jakarta, Rabu (8/12).

Mengutip Laporan The Future of Job yang dirilis World Economic Forum Tahun 2021, dia menyampaikan perkembangan inovasi dari utilisasi teknologi digital yang memunculkan tren 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan makin meningkat di Indonesia. 

Sepuluh jenis pekerjaan terdiri atas data analyst and scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration manager, serta business development professional.

Menghadapi era revolusi industri 4.0, Johnny selalu mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional. Kolaborasi bertaraf internasional pun perlu dilakukan agar ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan lebih cepat dan terarah. 

Johnny juga memberikan dukungannya kepada STMM Yogyakarta agar mampu dan terus meningkatkan pengembangan SDM digital nasional yang adaptif, tangkas, dan dapat diandalkan.  

Sebelumnya, Ketua STMM Yogyakarta Noor Iza mengumumkan, pada periode 8 Desember tahun 2021, STMM berhasil meluluskan 201 wisudawan dari tiga jurusan yang terdiri atas enam program studi.

Lulusan Jurusan Penyiaran Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Produksi Siaran sebanyak 56 orang sarjana, Terapan Manajemen Produksi Pemberitaan sebanyak 54 orang sarjana, dan Terapan Manajemen Teknik Studio Produksi meluluskan 51 orang sarjana. 

Selanjutnya, Jurusan Animasi dan Desain Teknologi Permainan dengan Prodi Terapan Animasi meluluskan delapan delapan orang sarjana, Terapan Teknologi Permainan delapan orang sarjana.

Kemudian, Jurusan Komunikasi dan Informasi Publik dengan Prodi Manajemen Informasi Komunikasi meluluskan 24 orang sarjana.

Lahirkan Solusi

Kepada wisudawan, Menkominfo juga mendorong agar ilmu, pengalaman dan keahlian, serta asas-asas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah diperoleh selama masa studi dapat menjadi bekal dan pedoman dalam perjalanan karier profesional.

Bahkan, lulusan STMM diharapkan dapat melahirkan berbagai solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Lulusan STMM hendaknya mampu mendorong lahirnya solusi dari berbagai permasalahan yang ada di masyarakat melalui utilisasi medium teknologi,” tegasnya. 

Terlebih di era revolusi industri 4.0, Johnny berharap, lulusan STMM dapat menjadi garda terdepan dalam akselerasi transformasi digital nasional. Mereka sekaligus diharapkan bisa menerapkan pengabdian kepada masyarakat dengan ide, gagasan, serta inovasi untuk membangun Indonesia yang lebih cerah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Hary Budiarto, yang hadir secara virtual, juga memberikan apresiasi kepada wisudawan STMM Yogyakarta.

“Semoga seluruh wisudawan dan wisudawati lulusan Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta dapat mengoptimalkan pengetahuan yang telah didapatkan selama berkuliah, menjadi bekal yang kuat ke dalam dunia kerja dan usaha,” ungkap Hary.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN