Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Plh Sekjen Kemenkominfo Hary Budiarto (kanan) menerima piagam penghargaan dari Wakil Ketua Ombudsman RI Boby Hamzar Rafinus (kiri) di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan. (IST)

Plh Sekjen Kemenkominfo Hary Budiarto (kanan) menerima piagam penghargaan dari Wakil Ketua Ombudsman RI Boby Hamzar Rafinus (kiri) di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan. (IST)

Terapkan Standar Layanan Publik, Kemenkominfo Raih Predikat Kepatuhan Tinggi

Jumat, 3 Juni 2022 | 19:23 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meraih Predikat Kepatuhan Tinggi, atau berada dalam Zona Hijau dari Ombudsman Republik Indonesia.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo Hary Budiarto, predikat itu seusai dengan hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 yang dilakukan oleh lembaga yang menyelenggarakan pengawasan publik tersebut.

Advertisement

“Kemenkominfo menyampaikan terima kasih atas penghargaan dari Ombudsman RI. Predikat ini tentunya mendorong kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Hary, yang juga menjadi Plh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, usai menerima penghargaan dari Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus di Kantor Ombudsman RI Jakarta Selatan, dikutip Jumat (3/6/2022). 

Baca juga: Kemenkominfo dan KPK Kerja Sama Aduan Tipikor

Mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, saat menerima penghargaan, Hary menyampaikan, hasil penlilaian itu juga menunjukkan apresiasi atas upaya jajaran Kemenkominfo untuk menerapkan standar dan menjalankan administrasi pemerintahan yang baik.

“Hal ini merupakan apresiasi atas upaya Kementerian Kominfo di bawah kepemimpinan Bapak Menteri Johnny G Plate yang bisa meminimalkan maladministrasi dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini, Kemenkominfo telah melakukan pelayanan publik secara dalam jaringan (daring/online). “Pelayanan daring bisa mempercepat dan mempermudah akses masyarakat yang menggunakan layanan Kominfo,” tutur Hary.

Wakil Ketua Ombudsman RI Boby Hamzar Rafinus menuturkan, gagasan mengenai penilaian Opini Pengawasan Pelayanan Publik tidak terlepas dari pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada April 2022. 

“Beliau sangat medukung agar ke depannya setiap instansi pemerintah mendapatkan predikat mengenai kualitas pelayanan publik yang telah diberikan," ujar Boby.

Menurut dia, penilaian itu diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan negara di segala bidang. “Ini agar setiap warga negara dan penduduk memperoleh keadilan, rasa aman, dan kesejahteraan yang semakin baik,” tuturnya.

Pada 2021, Ombudsman RI telah melakukan penilaian terhadap 587 instansi pemerintah, terdiri atas 24 kementerian, 15 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 416 pemerintah kabupaten, dan 98 pemerintah kota.

Anggota Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya menambahkan, penilaian dilakukan dengan tujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan pelayanan publik guna mencegah maladministrasi.

Ruang lingkup penilaian meliputi kepatuhan penyelenggara pelayanan terhadap pemenuhan standar pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Dari penilaian kepatuhan, diperoleh hasil, sebanyak 17 kementerian (70,8%) pada Zona Hijau, tujuh kementerian (29,2%) pada Zona Kuning atau Predikat Kepatuhan Sedang, dan tidak terdapat kementerian masuk Zona Merah,” jelas Dadan.

Baca juga: Kemenkominfo dan NU Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital

Penghargaan

Pada kesempatan tersebut, Ombudsman RI juga menyerahkan piagam Penghargaan Kepatuhan Tinggi Tingkat Kementerian Lembaga Tahun 2021 kepada 12 kementerian dan enam lembaga.

Selain Kemenkominfo, hadir juga menerima Penghargaan Kepatuhan Tinggi Tingkat Kementerian Lembaga Tahun 2021, perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Sekretariat Negara.

Selanjutnya, hadir juga perwakilan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Sosial, Badan Pusat Statistik, Badan Perlindungan Pekerjaan Migran Indonesia, Badan Narkotika Nasional, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, serta Perpustakaan Nasional.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN