Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
CEO Youtap Indonesia Herman Suharto (kanan) saat kunjungan virtual ke BeritaSatu Media Holdings (BSMH), Kamis (4/3/2021). Youtap Indonesia menyediakan platform dan solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan yang menyediakan berbagai transaksi digital kepada mitra untuk melayani konsumen. Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto (kanan) saat kunjungan virtual ke BeritaSatu Media Holdings (BSMH), Kamis (4/3/2021). Youtap Indonesia menyediakan platform dan solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan yang menyediakan berbagai transaksi digital kepada mitra untuk melayani konsumen. Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Youtap Indonesia Miliki 150 Ribu Mitra Merchant

3 Tahun Lagi, Transaksi Indonesia akan Didominasi QR Payment

Jumat, 5 Maret 2021 | 08:02 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Youtap Indonesia, sebuah perusahaan teknologi joint venture Salim Group dan Youtap Global yang fokus memberikan layanan digital bagi para pelaku usaha, memprediksi, dalam tiga tahun ke depan, Indonesia secara masif menggunakan teknologi pembayaran digital (Quick Response/QR payment).

Hal tersebut diprediksi terealisasi terutama karena ditopang oleh ketersediaan ekosistem digital yang semakin memadai, tren penggunaan teknologi QR di mitra toko (merchant) yang semakin marak, serta dukungan regulasi dari pemerintah.

Sementara itu, saat ini, Bank Indonesia juga telah membuat Quick Response Indonesia Standard (QRIS), sebuah standar QR Code yang dibuat untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik, maupun mobile banking.

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto mengatakan, saat ini, pihaknya telah memiliki sekitar 150 ribu mitra merchant yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Youtap pun terus mendorong dan mengedukasi para mitra merchant untuk menggunakan teknologi QR dalam proses pembayaran.

Sebagai penyedia solusi teknologi bagi para pelaku usaha, Youtap Indonesia terutama menyediakan solusi pemrosesan pembayaran e-money real-time, pasar pembayaran digital, dan platform point-of-sales untuk pasar.

“Ke depan, kami akan terus menjalin kerja sama dengan merchant lainnya, serta mendorong mereka untuk menggunakan teknologi QR dalam proses pembayaran,” ujar Herman, dalam media visit virtual ke Beritasatu Media Holdings, Kamis (4/3).

Menurut dia, tren penggunaan teknologi QR payment terus meningkat di Indonesia. Bahkan, dia memprediksi dalam tiga tahun ke depan, pembayaran di Tanah Air akan didominasi oleh teknologi tersebut. Hal ini juga didukung oleh regulasi dari pemerintah dan ekosistem digital yang memadai.

“Kalau saya melihat, berdasarkan tren adopsi yang ada sekarang, mungkin dalam tiga tahun ke depan, akan didominasi oleh QR Payment. Kita sedang ke arah sana. Apalagi, teknologi QR udah distandarisasi oleh pemerintah,” ungkap Herman.

Herman juga melihat tren penggunaan teknologi QR payment di Tanah Air sudah terjadi pada berbagai sektor dan lini bisnis. Adopsi teknologi QR tidak hanya oleh platform e-wallet, seperti, OVO, GoPay dan sejenisnya, tetapi juga sudah diadopsi oleh aplikasi perbankan.

“Kalau di merchant kita, itu penggunaan teknologi QR payment sebesar 20-25% setiap bulannya. Dan, kita terus mendorong ke arah sana. Bahkan, mitra-mitra kita, seperti perbankan itu sudah punya QR bottom di aplikasinya. Jadi, saya kita ke depannya, penggunaan QR payment terus naik,” jelasnya.

Merchant-centric

Herman melanjutkan bahwa Youtap ingin menjadi platform yang merchant-centric. Artinya, semua layanan yang dikembangkan akan difokuskan untuk memberikan kemudahan bagi para mitra merchant.

Bahkan, Youtap pun menyediakan end-to-end solution kepada para mitra merchant. “Kami ingin fokus memberikan layanan end-to-end solution kepada para pelanggan. Kami menyediakan solusi digital dari ujung ke ujung,” tegasnya.

Tak hanya itu, dia juga mengungkapkan bahwa Youtap Indonesia menempatkan diri sebagai agregator antara merchant dan issuer. Saat ini, issuer yang sudah terintegrasi di antaranya Linkaja, Dana, Ovo, GoPay, dan ShopeePay.

Dengan latar belakang sebagai perusahaan teknologi yang berpengalaman dalam menyediakan sistem back-end, pihaknya yakin akan bisa menghadirkan solusi terlengkap bagi para pelaku bisnis di Tanah Air.

“Yang membuat kita berbeda dengan yang lain adalah kita memulai dari back-end, jadi dari segi sistem kita sudah lengkap. Kita bisa menghadirkan solusi yang lengkap dari sisi merchant maupun issuer. Platform ini mengedepankan kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi,” pungkas Herman.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN