Menu
Sign in
@ Contact
Search
Konferensi pers pembentukan Satgas Perlindungan Data, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022).  
Sumber: Istimewa

Konferensi pers pembentukan Satgas Perlindungan Data, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022). Sumber: Istimewa

Mekopolhukam Klaim Sudah Kantongi Identitas Peretas Bjorka

Rabu, 14 September 2022 | 13:30 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sudah mengidentifikasi pelaku peretasan yang selama ramai di linimasa, yaitu Bjorka. Meski demikian, pihaknya belum bisa mengumumkan ke publik, karena masih terus ditelusuri.

“Nah kemudian kita terus menyelidiki. Karena sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu, kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” kata Mahfud dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

baca juga: PSE Lingkup Privat Jadi Incaran Serangan Siber, Menkominfo Ingatkan Jangan Lengah

Menurut Mahfud, sehubungan dengan ramainya kasus kebocoran data di dunia siber, pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) perlindungan data, yang terdiri dari Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), BIN dan Polri.

“Sehubungan dengan adanya ramai-ramai bocornya data di dunia siber kita, yang dilakukan oleh Bjorka, maka kami tadi udah rapat. Pertama, pagi tadi kami sudah rapat bersama, ada Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Kepala BSSN Hinsa Siburian, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo,” ujar Mahfud.

Mahfud meniturkan, tim satgas tersebut akan serius menangani kasus kebocoran data ini. “Maka disampaikan, kita akan serius menangani dan sudah mulai menangani masalaah ini, tetapi juga publik atau masyarakat harus tenang. Karena sebenarnya sampai detik ini, itu belum ada rahasia negara yang bocor,” tambah Mahfud.

Mahfud menambahkan, bahwa motif yang diusung oleh peretas juga macam-macam, alias gado-gado. Tetapi sebenarnya tidak ada yang membahayakan. Bahkan, Mahfud mengklaim bahwa, Bjorka tidak memiliki kemampuan atau keahlian untuk membobol data.

“Motifnya juga ternyata gado-gado, motif politik, ekonomi, motif jual beli begitu, dan sebagainya. Sehingga juga yang motif-motif kayak begitu sebenarnya enggak ada yang terlalu membahayakan. Bahkan kalau dari hasil kesimpulan kami, apa yang disebut Bjorka ini sebetulnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh, itu hanya ingin memberitahu kepada kita bahwa kita harus hati-hati, kita bisa dibobol dan sebagainya. Tetapi sampai saat ini tidak,” terang Mahfud.

baca juga: BSSN Telusuri Jejak Forensik Digital Peretas Bjorka

Sebagai informasi, peretas dengan identitas Bjorka melalui grup telegram dan akun Twitter mengeklaim telah meretas surat-menyurat milik Presiden Jokowi, termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN). Bjorka juga mengeklaim sebagai dalang peretasan 1,3 miliar data registrasi SIM Card.

Klaim dari Bjorka tersebut kemudian diunggah oleh salah satu akun Twitter DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence, yang kemudian viral dan sempat menjadi salah satu topik pembahasan terpopuler (trending topic) di Twitter.

Dalam unggahan di akun Twitter itu disebutkan bahwa surat dan dokumen untuk Presiden Indonesia, termasuk surat yang dikirimkan BIN dengan label rahasia telah bocor.

Di situsbreached.to, Bjorka mengunggah sejumlah dokumen yang diklaim milik Presiden Jokowi pada periode 2019- 2021.

"Berisi transaksi surat tahun 2019-2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia," tulisnya di situs tersebut.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com