Menu
Sign in
@ Contact
Search
 Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) Bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) Bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era

800 Peserta Ikuti Literasi Digital di Kota Manado

Jumat, 12 Agustus 2022 | 04:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) Bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju menyelenggarakan kegiatan literasi digital di Kota Manado, Sulawesi Utara dihadiri oleh 800 peserta. Literasi digital dengan mengangkat tema  ‘Cakap Berdigital, Harumkan Media Sosial’ tersebut diselenggarakan bertujuan agar masyarakat makin cakap digital serta mampu menciptakan ruang digital dengan bijak, produktif, aman, dan positif.

Ketua umum OASE Kabinet Indonesia Maju Tri Siswati mengatakan, IT menjadi kebutuhan setiap orang yang juga harus belajar bagaimana untuk bertanggung jawab dalam menggunakanya. Salah satu yang menjadi penyebab rusaknya generasi muda, ialah arus informasi yang datang begitu cepat sampai ke masing-masing orang dalam 24 jam. Tidak ada lagi batas-batas dimana informasi yang waktunya langsung bisa diserap berbagai pihak.

Baca juga: Kemenkominfo Tegaskan Penghentian Siaran ASO Sesuai Jadwal

“Pesatnya kemajuan teknologi di segala bidang telah menjadi bagian dari kehidupan kita semua. Sebagai benteng pertahanan untuk terhindar dari bahaya arus informasi, yakni melalui literasi digital,” ungkapnya dalam keterangan pers, Kamis (11/8/2022).

Di kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menyatakan, masyarakat dituntut untuk melek digital agar mampu menciptakan ruang digital yang positif dan bijak, “Digital ini tidak hanya persoalan hak kita untuk bisa memanfaatkan ruang digital tetapi juga bagaimana kita memanfaatkan ruang digital dengan bijak” tambah Steven Kandouw.

Dalam sesi edukasi  ‘Cakap Berdigital, Harumkan Media Sosial’, Selebritas Yosi Mokalu mengajak para orang tua untuk menanamkan nilai moral dan etika pada Gen Z agar tidak mudah menyerap dampak negatif dari internet, “Karena fasilitas teknologi ini terlalu banyak, kita harus menjaga pijakan kita dengan nilai-nilai. Itu jangan sampai lupa, nilai moral, berbicara soal identitas kita supaya ga gampang baper di media sosial. Ini semua nilai-nilai termasuk ke dalam budaya digital yang juga menjadi salah satu pilar dalam literasi digital. Itulah yang menjadi alasan mengapa menguasai literasi digital itu sangat penting,” jelas Yosi. 

Baca juga: Kemenkominfo Raih Opini WTP dari BPK RI

Selain Yosi Mokalu, selebritas Melaney Richardo pun menyampaikan bahwa pentingnya masyarakat untuk cakap digital, khususnya Gen Z karena mereka hidup di zaman yang serba digital dan banyak dihabiskan dengan berinteraksi di ruang digital. Agar tidak merusak karakter mereka, tentu dibutuhkan aturan atau tata krama di ruang digital, “Contohnya bisa kita liat dengan banyaknya cyberbullying dan sebagainya ya. Oleh karena itu, menjadi cakap digital sangat penting bagi generasi muda dan tentunya bagi bapak/ibu yang merupakan role model utama para anak-anak kita,” ujar Melaney. 

Kegiatan Literasi Digital ‘Cakap Berdigital, Harumkan Media Sosial’ merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dengan target sebanyak 50 juta orang masyarakat Indonesia mendapatkan literasi di bidang digital hingga tahun 2024.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com