Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sumber: IST

Sumber: IST

ACCI dan Kemenperin Gelar Cloud Computing Indonesia Conference 2021

Jumat, 12 Maret 2021 | 19:16 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) akan menyelenggarakan acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 pada 15 – 26 Maret  2021. Kegiatan akan diisi dengan acara webinar dan workshop.

Acara tersebut diharapkan bisa menjadi sarana kolaboratif dalam peningkatan pengetahuan dan  implementasi teknologi dalam Industri 4.0 pada sektor manufaktur, finansial, kesehatan,  pemerintahan, dan pendidikan.

Semua kegiatan dalam rangkaian kegiatan Cloud Computing  Indonesia Conference 2021 bisa diikuti secara gratis dan juga terbuka untuk umum dengan  terlebih dahulu mendaftar melalui website https://event.cloudcomputing.id.

Tujuan dari pelaksanaan Cloud Computing Indonesia Conference 2021 untuk  meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Industri 4.0 dan teknologi pendukungnya,  serta meningkatkan adopsi teknologi untuk mendukung proses transformasi digital.

Selain itu, kegiatan tersebut diaharpkan bisa mendukung  transformasi layanan digital pada organisasi serta mempromosikan manfaat layanan cloud  computing dalam membantu proses transformasi digital dan transformasi era Industri 4.0.

Ketua Umum ACCI Alex Budiyanto mengatakan, pihaknya mendukung penuh  kegiatan tersebut. ACCI pun telah bekerja sama dengan  Kemenperin sejak 2018 untuk mempromosikan cloud computing sebagai backbone dari Industri 4.0.

“Kami sejak 2018 bekerja sama dengan Kemenperin karena teknologi pendukung dari Industri 4.0 ada di atas layanan, atau  berhubungan erat dengan layanan cloud computing. Kami sangat mendukung kegiatan  positif seperti ini untuk bisa terus memasyarakatkan layanan cloud computing di berbagai  sektor,” ujar Alex, dalam keterangannya, Jumat (12/3).

Selain Kemenperin, acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 juga didukung oleh berbagai institusi , yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Mastel, Asosiasi IoT Indonesia,  Huawei, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, VMware Indonesia,  Acer, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Alibaba Cloud, Thales, Dymar, NetApp, CBN Cloud,  CBN Fiber, Pro Sehat, Acara Seru, dan CyberHub. 

Webinar dan Workshop

Sementara itu, agenda dari kegiatan Cloud Computing Indonesia Conference 2021 dikemas dalam bentuk webinar dan workshop yang akan digelar secara berantai dengan mengundang berbagai narasumber pemerintah, pelaku industri, dan pakar di bidangnya. 

Pertama, Webinar ‘Akselerasi Transformasi Digital dan Making Indonesia 4.0 di Era Pandemi’ digelar Senin, 15 Maret 2021 mulai pukul 13.00 WIB. Para pembicara yang akan mengisi di antaranya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, CEO Huawei Cloud  Jacky Chen, Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih, Dirjen SDPPI Kemkominfo Dr Ir Ismail, MT, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Prof Dr Ir Mochamad Ashari, MEng, Ketua Bidang Infrastruktur Broadband Nasional Mastel Nonot Harsono, Dan Ketua Umum ACCI Alex Budiyanto.

Kedua, Webinar ‘Inovasi Teknologi Untuk Peningkatan Layanan Finansial di Era Pandemi’ pada Selasa, 16 Maret 2021, mulai pukul 09.00 WIB. Rencananya, para pembicara antara lain Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Chief Technology Officer Huawei Cloud APAC Wu Shiwei, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo, dan Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah (AFSI) Ronald Yusuf Wijaya.

Ketiga, Webinar ‘Bagaimana Industri Finansial Bertahan dan Berkembang di Era Pandemi?’ pada  Selasa, 16 Maret 2021, mulai pukul 13.00 WIB. Rencana para pembicara di antaranya Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Rektor UI Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD, Founder Digiasia Biosd Alexander Rusli, Direktur Utama PT Dymar Jaya Indonesia Yuliani Kusnadi, Pembicara dari Alibaba Cloud, dan  Pembicara dari Thales.

Kempat, Webinar ‘Membangun dan Meningkatkan Layanan Kesehatan Digital di Era Pandemi’ pada  Rabu, 17 Maret 2021, mulai pukul 13.00 WIB. Rencana para pembicara antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Anas Ma’ruf, Founder ProSehat dr G Bimantoro, Business Solution Manager CBN Cloud Febrian Setiadi, dan pembicara dari Telkomsigma. 

Kelima, Webinar ‘Meningkatkan Layanan SPBE Sebagai Tulang Punggung Layanan Digital Masyarakat di Era Pandemi’ pada Kamis, 18 Maret 2021, mulai pukul 09.00 WIB. Rencana para pembicara Kepala BPPT Hammam Riza, Kepala Dinas Kominfo Jabar Setiaji, Solution Engineer VMware Indonesia Frederic Yolanda, Technical Consultant NetApp Indonesia Ahmad Ubaidillah, dan Ketua Umum IPKIN Prof Dr. Ir Eko Kuswardono Budiardjo, MSc.

Keenam, Webinar ‘Bagaimana Menyiapkan SDM Untuk Bersaing di Era Industri 4.0’ pada Jum’at, 19 Maret 2021, mulai pukul 13.00 WIB. Rencana para pembicara di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Ir Nizam, MSc, DIC, PhD, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, MEng, DEng, IPU, ASEAN Eng, dan Senior Product GTM Lead Alibaba Cloud Indonesia Jessie Yu.

Kemudian, rangkaian acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 akan dilanjutkan dengan workshop teknis yang mulai digelar sejak Senin, 22 Maret 2021 hingga Jum’at, 26 Maret 2021. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN