Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi transaksi pelapak Bukalapak. (IST)

Ilustrasi transaksi pelapak Bukalapak. (IST)

Belanja di Platform Bukalapak Tumbuh 20%

Selasa, 16 Juni 2020 | 08:15 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Bukalapak, salah satu platform e-commerce terbesar di Tanah Air, mencatat pertumbuhan aktivitas belanja online di platformnya berkisar 15-20% selama masa pandemi Covid-19. Pertumbuhan ini turut didongkrak dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan Bukalapak sejak 14 Mei lalu.

VP of Merchant Bukalapak Kurnia Rosyada mengatakan, antusiasme masyarakat berbelanja terlihat banyak berburu produk kategori fesyen pria, fesyen wanita, fesyen anak, serta produk rumah tangga yang paling banyak terjual.

Tidak hanya itu, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengha (UMKM), pun punya antusiasme yang tinggi. Hal ini terbukti dengan tercatatnya lebih dari 40.000 jenis produk yang dipasarkan oleh ratusan UMKM yang banyak bergabung sejak #BanggaBuatanIndonesia diluncurkan.

Menurut dia, pada masa pandemi Covid-19 ini, terdapat peningkatan cukup signifikan bagi masyarakat untuk berbelanja online. Bukalapak pun cukup beruntung menjadi salah satu platform sebagai tujuan belanja di Tanah Air.

“Secara keseluruhan, pertumbuhan kami signifikan berkisar 15-20% meskipun juga melihat bisnis dari beberapa pedagang kami turun. Untuk itu, penting bagi kami untuk melihat peluang ini dan menggandeng UMKM agar dapat memanfaatkan peluang yang ada,” ujar Kurnia, dalam keterangannya, Senin (15/6).

Selain itu, lanjut dia, perubahan minat belanja terjadi pasca-Ramadan dan Lebaran.  Pada masa Lebaran, feysyen pria dan anak-anak, serta kategori makanan seperti kurma, parcel, dan kue Lebaran paling banyak dicari.

Memasuki bulan Juni ini, Bukalapak mulai mencatat kategori ponsel (handphone), sepeda, beserta hobi dan koleksi menjadi produk-produk yang paling banyak diminati pembeli.

Khusus untuk kategori sepeda, pencarian paling populer pada sepeda gunung merek Polygon dan MTB. Lalu, produk sepeda lipat dengan merek Exotic, Pacific, dan United. Pembeli juga berburu produk aksesoris sepeda seperti kacamata Google, helm sepeda MTB, serta tempat minuman.

Tak hanya itu, kesiapan pengguna dalam menghadapi new normal terlihat pada pencarian produk Bukalapak. Produk sepatu dengan merek Dr Kevin, Bata, Homyped, serta perlengkapan sekolah, seperti tas sekolah, sepatu sekolah anak, dan jam tangan Imoo, menjadi serangkaian produk yang paling banyak dicari.

“Melihat adanya kebutuhan yang tinggi dari masyarakat, Bukalapak akan selalu bekerja sama dengan mitra-mitranya untuk menjaga ketersediaan produk dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi,” pungkas Kurnia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN