Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
CEO Daruma Herry Wijaya. (IST)

CEO Daruma Herry Wijaya. (IST)

Daruma Terus Dukung Perluasan Pasar UMKM

Senin, 22 Maret 2021 | 08:57 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Platform daring Daruma terus berusaha untuk membantu proses pemulihan serta revitalisasi pelak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Satu hal yang dilakukan di antaranya dalam program dukungan dengan terus mengonsolidasikan penjualan produk lokal UMKM dalam skala besar.

Daruma hadir sebagai platform perdagangan secara elektronik antarpebisnis (B2B e-Commerce) lokal dengan menjual lebih dari 250.000 produk, 1.000 lebih brand, dan 14 kategori dari berbagai sektor industri dengan jaminan pengiriman tepat waktu dan pilihan pembayaran yang beragam.

CEO Daruma Herry Wijaya mengatakan, saat ini, banyak UMKM yang telah terdaftar dan menjadi mitra Daruma, terutama untuk pelaku usaha produk alat pelindung  diri (APD) kesehatan, baik masker, hazmat, dan alat perlindungan diri lainnya.

Namun, pada tahap awal, Daruma sedang mempersiapkan perluasan pasar bagi UMKM, terutama untuk wilayah Jabodetabek. Selain APD, saat ini, Daruma juga mencoba fokus untuk mengarahkan UMKM memproduksi seragam, merchandise seperti totebag tas, dan berbagai merchandise lainnya.

“Hal ini kami lakukan agar produk UMKM tidak hanya fokus pada APD. Banyak sekali yang dapat dikembangkan, dan tentunya, ada potensi dari segmen pasar tersebut,” ucap Herry, dalam pernyataannya, seperti dikutip Senin (22/3).

Menurut dia, saat ini, komunitas pengembangan (community development) Daruma juga sedang memberikan arahan mengenai segmen konveksi yang lebih luas, seperti jenis bahan baku, desain, hingga segmen pasar mana yang akan difokuskan.

Tercatat, melalui program support produk lokal, Daruma bersama UMKM telah memproduksi puluhan ribu masker serta hazmat dan telah didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk UMKM yang ingin bergabung dalam program ini, kami sangat terbuka dan dapat langsung akses website kami. Kami juga berencana untuk memberikan pelatihan ‘UMKM Naik Kelas’ kepada UMKM yang telah menjadi partner kami,” tambah Public Relations Daruma Della Anizar.

Daruma menyadari bahwa menyambut masa pemulihan perekonomian Indonesia pascapandemi Covid-19, UMKM dituntut kian terbuka dan kompetitif untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Menurut data yang dilansir oleh pemerintah, pada 2020, ada sekitar 8 juta (13%)  pengguna platform daring (online) yang datang dari pelaku UMKM. Angka tersebut masih terbilang kecil dari total keseluruhan UMKM di Indonesia yang berjumlah 64 juta.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN