Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto ki-ka: CEO & Presiden Direktur PT Link Net Tbk Marlo Budiman, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Setiaji. (Foto: LInk Net/IST)

Foto ki-ka: CEO & Presiden Direktur PT Link Net Tbk Marlo Budiman, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Setiaji. (Foto: LInk Net/IST)

Dorong Keterbukaan Informasi

First Media Kerja Sama dengan Pemprov Jabar

Kamis, 15 Agustus 2019 | 18:50 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Link Net Tbk dengan merek First Media, yang merupakan penyedia TV cable dan fixed broadband cable internet terkemuka di Indonesia, dan Pemerintah Provinisi Jawa Barat (Pemprov Jabar), menjalin kemitraan. Fokus kerja sama terutama untuk meningkatkan keterbukaan informasi melalui media guna mendukung percepatan pembangunan di Jabar.

CEO & Presiden Direktur PT Link Net Tbk Marlo Budiman mengungkapkan, pihaknya sangat antusias untuk membantu Pemprov Jabar dalam menyosialisasikan dan menginformasikan program-program yang dilakukan secara menyeluruh kepada masyarakat untuk mendukung transformasi Jabar sebagai provinsi yang penuh inovasi dan kolaboratif.

Kerja sama tersebut sekaligus menunjukkan keseriusan Link Net dalam mengembangkan layanan First Media di Bandung Raya dengan dukungan 150.000 home passed yang mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

“Ke depannya, kami akan mengembangkan usaha dan jaringan ke kota dan kabupaten lainnya di Jabar, yakni Cirebon, Purwakarta, Tasikmalaya, Cianjur, dan Sukabumi, untuk membantu guna mewujudkan Provinsi Jabar Juara,” kata Marlo, dalam keterangannya, Kamis (15/8).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Jabar Setiaji mengungkapkan, Jabar Open Data merupakan bentuk komitmen Pemprov Jabar untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan inovatif.

Jabar Open Data diharapkan mampu menyediakan data yang akurat, terbuka, dan terintegrasi sebagaimana diamanatkan dalam Perpres 39/2019 tentang Satu Data yang sejalan dengan visi Pemprov Jabar,” ujar Setiaji.

Setiaji menjelaskan, selain wujud inovasi, Jabar Open Data juga bertujuan untuk memastikan bahwa data bisa diakses dengan bebas dan mudah oleh publik, sehingga menjadikan Jabar sebagai provinsi digital berdasarkan data dan teknologi.

Nantinya, platform akan berisi data statistik sektoral maupun statistik dasar yang berasal dari perangkat daerah dan instansi vertikal Pemprov Jabar, serta berbagai sumber data lainnya yang terdiri dari 312 dataset.

“Pengelompokkan berdasarkan isu sektoral ini terdiri atas data infrastruktur, ekonomi, kemiskinan, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, pariwisata, dan kebudayaan. Selain dataset, konten open data menghadirkan beberapa gambar visualisasi data dan infografis agar menarik dan mudah dibaca,” pungkas Setiaji.

Pemprov Jabar melalui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus mendorong pemerintahan yang dinamis demi menyukseskan visi Jabar Juara Lahir Batin. Salah satu caranya dengan menerapkan teori Pentahelix dalam bingkai dynamic government.

Pentahelix merupakan pendekatan pembangunan melalui kolaborasi dengan akademisi (academic), pebisnis/swasta (business), masyarakat (community), pemerintah (government), dan media, atau sering disingkat dengan ABCGM.

Karena itu, Pemprov Jabar terus berupaya mendorong keterbukaan informasi publik dan kemudahan akses data melalui program Jabar Open Data melalui Diskominfo Jabar. Salah hal yang dilakukan, Pemprov Jabar pun menjalin kerja sama dengan First Media untuk mendukung keterbukaan informasi tersebut.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN