Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
OVO - Fintalk 2, (Sumber: OVO)

OVO - Fintalk 2, (Sumber: OVO)

Fitur Invest di Aplikasi OVO Permudah Investor Pemula

Minggu, 11 April 2021 | 18:39 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - OVO, platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terdepan di Indonesia, menyediakan fitur Invest di palformnya. Fitur ini sangat mempermudah investor pemula untuk berinvestasi dan menabung guna persiapan dana darurat.

Berinvestasi menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat selama pandemi Covid-19. Kebanyakan dari mereka yang mulai berinvestasi di saat pandemi merupakan investor ritel, atau yang berinvestasi dengan dana yang tidak besar.

Melihat animo masyarakat tersebut, OVO bersama Bareksa, platform finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, belum lama ini, pun telah memperkenalkan reksa dana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI) kelolaan Manulife Aset Manajemen Indonesia.

OVO pun mencatat pertumbuhan pesat aktivitas investor pemula pada layanan Invest di platformnya di tengah pandemi Covid-19. Jumlah investor MOBLI telah menembus 250 ribu orang hanya dalam kurun waktu sekitar dua bulan.

Pakar perencanaan keuangan Philip Mulyana mengatakan, MOBLI bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengubah cara pikir masyarakat, khususnya kaum milenial, dalam berinvestasi.

Menurut dia, selama ini, masih ada masyarakat yang beranggapan bila investasi membutuhkan dana yang besar. “MOBLI bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi sekaligus menyiapkan dana darurat,” ujar Philip, dalam pernyataannya, seperti dikutip Minggu (11/4).

Sekarang, lanjut dia, banyak instrumen investasi yang tidak mengharuskan untuk  berinvestasi mulai dari jutaan rupiah, namun bisa mulai dari Rp 10.000. Intinya, investasi bisa dimulai dari yang kecil.

Namun, Philip juga mengingatkan bila sebelum berinvestasi ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu arus kas. Kita harus tahu piramida perencanaan keuangan, di mana yang paling bawah adalah arus kas, lalu manajemen risiko, dan di atasnya lagi ada investasi.

Apabila, tidak berinvestasi sejak dini, sulit bagi setiap otang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. “Selain itu, berinvestasi, khususnya di reksa dana pasar uang yang relatif rendah risiko juga bisa digunakan untuk menabung dana darurat yang bisa sewaktu-waktu dicairkan,” tutur Philip.

Investasi Digital

Head of Corporate Communications OVO Harumi Supit menambahkan bahwa OVO ingin terus mendorong literasi dan inklusi investasi digital di Tanah Air, terutama bagi para investor pemula.

“Penting bagi kami terus membantu pemerintah dan regulator untuk mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan. Karenanya, kami terus berupaya melakukan literasi melalui rangkaian webinar, terutama bagi investor pemula,” ungkap Harumi.

Sebagai informasi, OVO menyelenggarakan rangkaian webinar bertajuk OVO Fintalk, seminar edukasi sebanyak delapan episode yang berlangsung sejak 25 Februari 2021 hingga 15 April 2021.

Delapan tokoh finansial ternama pun berbagi pengetahuan seputar investasi dan keuangan, antara lain Melvin Mumpuni, Dani Rachmat, Phillip Mulyana, Fellexandro Ruby, Ligwina Hananto, Felicia Putri, Aidil Akbar, dan Annisa Steviani. Informasi terkait webinar ini dapat dilihat melalui akun resmi media sosial OVO.

“Bagi OVO, fitur Invest di aplikasi OVO merupakan bagian dari komitmen untuk mendorong inklusi keuangan dengan membuka akses yang terjangkau, terpercaya, dan nyaman dalam pengelolaan investasi. Lewat fitur Invest memungkinkan masyarakat untuk mulai berinvestasi dengan dana yang rendah,” pungkas Harumi.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN