Menu
Sign in
@ Contact
Search
Google dan Kemenkop UKM meluncurkan program pelatihan bagi UMKM di 10 provinsi di Indonesia. (IST)

Google dan Kemenkop UKM meluncurkan program pelatihan bagi UMKM di 10 provinsi di Indonesia. (IST)

Google dan Kemenkop Latih UMKM di 10 Provinsi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:04 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Google, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), telah meluncurkan sebuah program untuk melatih usaha miro, kecil, dan menengah (UMKM) di 10 provinsi di Indonesia.

Program yang berjalan hingga akhir tahun 2022 tersebut akan memberikan pelatihan yang dilakukan secara offline serta berbagai modul pelatihan yang disusun berdasarkan program Grow with Google, atau biasa disebut GWG.

Selama enam bulan ke depan, UKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mendaftar dan mengikuti pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan e-commerce, cara agar tetap aman saat online, serta cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

“Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kata Director of Government Relations and Public Policy di Google Indonesia Putri Alam, dalam konferensi virtual, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Airlangga: UMKM Digital Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Menurut dia, Google memahami kebutuhan usaha kecil di wilayah-wilayah tersebut untuk mencari pelanggan. Google pun akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan.

Sejak tahun 2015, Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, antara lain melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).

Pada kesempatan yang sama, Google juga merilis hasil survei Kantar terhadap 707 pemilik usaha, 44% di antaranya adalah perempuan dan 42% lainnya merupakan mahasiswa dan pelajar.

Dengan mengingat kembali dampak terhadap pemilik usaha yang mengikuti pelatihan Grow with Google pada 2021, hasil survei pun sangat menggembirakan. Sebab, satu dari tiga UKM mengaku mulai berjualan online setelah mengikuti kursus.

Selanjutnya, satu dari dua UKM berhasil meningkatkan engagement pelanggan setelah menerapkan hasil pembelajaran dari pelatihan Gapura Digital & Women Will.

Selain itu, satu dari dua UKM yang dimiliki perempuan telah membuat atau memperbarui profil bisnis online-nya. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada laki-laki dan aktif membuat konten online untuk mempromosikan bisnis mereka di internet.

Putri  juga menyampaikan, UKM yang telah mengikuti pelatihan keterampilan digital bersama Google selama bertahun-tahun menyampaikan keterampilan digitalnya telah meningkat.

“Mereka merasa lebih siap menyongsong masa depan dan lebih percaya diri untuk menerapkan ilmu yang mereka dapatkan,” tuturnya.

Baca juga: Dalam Tiga Tahun, Kemenkop UKM Bidik Pendataan 65 Juta UMKM

Kerja Kolaboratif

Deputi Bidang Kewirausahaan, Kemenkop dan UKM Siti Azizah menyampaikan, melalui inisiatif kolaborasi bersama Google, pihaknya berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha melalui program #BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia.

“Tujuannya agar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri, dan bahkan, hingga ke Asia Tenggara,” tutur Siti Azizah.

Kemenkop UKM pun disebutnya berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM go digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan.

Kemenkop UKM memiliki target untuk mendigitalisasikan 30 juta UKM di Indonesia hingga tahun 2024. “Kami berharap, melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan," pungkasnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com