Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab Indonesia dukung usaha lokal. (IST)

Grab Indonesia dukung usaha lokal. (IST)

Grab Ajak UMKM Go Digital

Abdul Muslim, Senin, 18 Mei 2020 | 09:32 WIB

JAKARTA, investor.id - Grab mendorong jutaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  berjualan secara daring (go digital) untuk  memasarkan produknya dan menjangkau basis konsumen yang lebih luas di tengah pandemi Covid-19. Mereka bisa pun memanfaatkan layanan GrabFood, GrabExpress, GrabMart, GrabKios, dan GrabAssitant.

Pemerintah Indonesia telah menginisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang bertujuan untuk mendorong peningkatan penjualan produk UMKM di Tanah Air melalui jalur digital (go digital). Hal ini digagas di tengah masa pandemi Covid-19 yang telah menghambat kinerja dan pertumbuhan UMKM.

Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab pun berkomitmen tinggi dalam mendukung gerakan #BanggaBuatanIndonesia bersama berbagai perusahaan lainnya yang berada di bawah naungan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan bahwa UMKM memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Karena itu, Grab percaya bahwa percepatan transformasi digital dapat membantu UMKM Indonesia untuk bertahan dan bangkit di situasi sulit saat ini.

“Kami percaya pemanfaatan teknologi dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi UMKM Indonesia. Untuk itu, bersama dengan pemerintah, Grab berkomitmen dan akan berkontribusi dalam membantu UMKM untuk bangkit,” ujar dia, dalam keterangannya, pekan lalu.

Menurut Ridzki, hal tersebut merupakan inisiatif yang telah dan akan terus Grab lakukan melalui berbagai pelatihan, penyediaan teknologi, dan pengembangan platform Grab. Tujuannya untuk memastikan teknologi Grab dapat membawa dampak positif, termasuk bagi UMKM, sejalan dengan misi GrabForGood.

Grab pun akan menghadirkan widget #BanggaBuatanIndonesia di platformnya supaya pengguna dapat mengakses UMKM dengan mudah. UMKM yang masih offline didorong mau mengikuti berbagai video tutorial untuk mendaftarkan diri ke dalam platform Grab, melalui berbagai layanan yang tersedia, yakni GrabFood, GrabExpress, GrabMart, GrabKios, serta layanan terbaru GrabAssistant.

Warung Digital  

Teknologi Grab untuk menghadirkan warung digital, GrabKios, saat ini telah menjangkau lebih dari 3 juta agen dan warung  yang tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.

GrabKios juga telah memiliki akses digital untuk memberikan layanan berupa pengisian pulsa, pembayaran listrik, transfer uang lintas kota, kirim dan terima paket, serta menabung emas.

“Tak hanya itu, melalui GrabMart, kami mendekatkan UMKM di luar Jawa. Seperti contohnya, kita dapat membeli ikan dari para nelayan Ambon. Saat ini, mereka terdampak dari pandemi ini, sehingga kesulitan untuk mendistribusikan produknya,” jelas Ridzki. 

GrabMart dengan basis konsumen yang lebih luas di Jakarta juga dapat memastikan bahan pangan sehari-hari cepat dipasarkan dan akan diantarkan menggunakan layanan GrabExpress.

Patut diketahui bahwa pada masa pandemi Covid-19, penjualan UMKM mengalami penurunan tajam, terutama untuk kategori nonesensial. Namun, UMKM yang memiliki jalur penjualan secara online juga 80% terbukti lebih produktif dan bertahan di tengah terjangan virus tersebut.

Dengan gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pemerintah, Grab pun ingin lebih memperluas berbagai layanannya, yakni  GrabFood, GrabExpress, GrabMart, GrabKios, dan GrabAssistant, untuk membantu 56 juta UMKM Indonesia yang masih offline menjadi online dan merasakan manfaat dari ekonomi digital.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN