Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab dan Provinsi NTT kerja sama percepatan Provinsi Cerdas. (IST)

Grab dan Provinsi NTT kerja sama percepatan Provinsi Cerdas. (IST)

Grab dan Provinsi NTT Kerja Sama Program Percepatan Provinsi Cerdas

Minggu, 20 Juni 2021 | 19:02 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan kolaborasinya dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mendukung program kerja sama percepatan Provinsi Cerdas (Co-Creation for a Smarter Province) dan mempercepat pengembangan ekonomi digital.

Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT untuk memanfaatkan teknologi dalam menciptakan dampak positif untuk sektor transportasi, sosial, ekonomi, dan wisata. Kolaborasi tersebut akan berfokus pada lima hal.

Memorandum of understanding (MoU) itu telah diteken oleh Gubernur Provinsi NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT, serta disaksikan oleh Menko Marinvest Luhut B Pandjaitan dan Menkominfo Johnny G Plate pada Jumat (18/6) pekan lalu. 

Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan, pihaknya sangat senang berkolaborasi bersama Grab, terutama dalam pengembangan provinsi cerdas di NTT yang merupakan daerah kaya dengan budaya dan sumber produk komoditas unggulan.

“Para pelaku UMKM lokal kami telah berjuang secara gigih selama beberapa tahun terakhir dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, dan kami tidak sabar untuk dapat meraih pencapaian yang lebih besar bersama Grab,” tutur Viktor.

Ridzki Kramadibrata menyampaikan, Grab terus mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mengakselerasi program ekonomi digital dan provinsi cerdas, termasuk Gernas Bangga Buatan Indonesia. Grab pun senang dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT untuk mencapai tujuan bersama.

“Kami berharap, kerja sama ini dapat terus membawa lebih banyak dampak positif di Indonesia untuk mendukung pemulihan ekonomi dan memberdayakan lebih banyak UMKM di seluruh negeri,” ucap Ridzki.

Dukungan Grab

Sementara itu, dalam kerja sama tersebut, dukungan Grab akan difokuskan dalam lima inisiatif. Pertama, kerja sama mobilitas yang terintegrasi (Integrates Mobility Co-Creation).

Dalam implementasinya, Grab menghadirkan layanan transportasi, antara lain GrabCar dan GrabBike, untuk memperluas transportasi publik di NTT dan menghadirkan kemudahan mobilitas masyarakat dari satu lokasi ke lokasi lainnya, khususnya dari bandara ke kota.

Kedua, kerja sama berkelanjutan di bidang ekonomi (Sustainable Economy Co-Creation). Grab mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan melalui pengembangan UMKM dengan pemberdayaan melalui platform Grab, yakni  GrabFood, GrabMart, GrabAssistant, GrabKios, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Bela Pengadaan (LKPP).

Ketiga,  kerja sama yang membangun efisiensi (Efficiency Co-Creation). Grab akan membantu  peningkatan efisiensi operasional pegawai negeri sipil dan kemudahan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan layanan dan teknologi Grab.

Keempat, kerja sama yang memberikan dampak sosial (Social Impact Co-Creation). Grab membantu untuk memberikan sebuah dampak sosial kepada masyarakat, terutama di sektor kesehatan dan pendidikan melalui layanan GrabProtect.

Kelima, kerja sama budaya dan pariwisata (Cultural and Tourism Co-Creation). Grab mendukung peningkatan kesadaran sektor budaya dan memajukan sektor pariwisata di Provinsi NTT melalui teknologi dan layanan Grab.

Untuk mendukungnya, Grab telah meluncurkan layanan GrabMart dan GrabExpress di berbagai lokasi wisata di NTT, terutama Labuan Bajo dengan menghadirkan kemudahan akses untuk para wisatawan dalam pembelian dan pengiriman oleh-oleh khas NTT.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN