Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran program Pahlawan Digital UMKM 2020 dilakukan secara daring. (IST)

Peluncuran program Pahlawan Digital UMKM 2020 dilakukan secara daring. (IST)

Grab Dukung Program Pahlawan Digital UMKM

Selasa, 22 September 2020 | 20:15 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, mendukung program Pahlawan Digital UMKM 2020. Tujuannya untuk membantu UMKM bangkit di tengah pandemi Covid-19 sejalan dengan misi GrabForGood dan program #TerusUsaha.

Setelah menyeleksi 126 pendaftar program Pahlawan Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Manengah (UMKM) 2020, panitia pun memutuskan sebanyak 30 inovator digital terpilih untuk mengikuti pelatihan, atau bootcamp. Mereka selama ini telah membantu UMKM untuk go digital.

Para inovator tersebut memiliki berbagai tipe bisnis, mulai dari marketplace, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampai jasa perangkat lunak. Sekitar 76% peserta terpilih ini berasal dari luar Jakarta.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi pun mengucapkan selamat kepada 30 Pahlawan Digital UMKM yang telah terpilih.

“Sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital, kami sangat senang bisa menjadi bagian dari program Pahlawan Digital UMKM,” ungkap Neneng, dalam keterangannya, Selasa (22/9).

Dalam pandangan Neneng, para inovator dalam program tersebut merupakan harapan dan sumber inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mereka memotori lebih banyak UMKM Indonesia agar terus bertahan dan berkembang.

Bersama Pahlawan Digital UMKM, Grab juga akan mendukung para inovator UMKM melalui pelatihan pada sesi bootcamp. Mereka diharapkan dapat terus berusaha dan membawa dampak positif dan solusi melalui teknologi untuk kemajuan perekonomian Indonesia.

Grab merupakan satu dari dua perusahaan teknologi digital besar bersama Shopee yang berkomitmen mendukung program Pahlawan Digital UMKM. Shopee yang selama ini  menjadi salah satu rumah digital bagi para UMKM merasa perlu membantu para inovator muda agar lebih berdaya dan terus bermunculan.

Inovator Muda

Penggagas Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung, merasa bangga dengan inovasi yang dihasilkan anak bangsa tersebut. Mereka punya semangat yang luar biasa. Karena itu, para inovator muda diajaknya untuk bisa memanfaatkan pelatihan dalam program Pahlawan Digital UMKM.

“Program ini bukan hanya soal memenangkan kompetisi, tapi tentang bagaimana agar inovasi mereka berkembang dan dapat menjangkau lebih banyak lagi pelaku UMKM,” ujarnya.

Para inovator yang mengikuti bootcamp kali ini memiliki keunikan dalam memberikan solusi digital bagi UMKM. Beberapa di antaranya, Krealogi menyediakan platform digital untuk manajemen rantai pasok (supply chain) UMKM kriya.

Sementara itu, Mantab mendigitalisasi pedagang minuman keliling serta Femalepreneur.id memberdayakan UMKM perempuan dengan menyediakan kelas interaktif dan pendampingan intensif.

Bootcamp

Rencananya, bootcamp akan berlangsung selama tiga pekan, mulai 23 September hingga 9 Oktober 2020. Nantinya, ke-30 inovator tersebut dilatih para mentor dan pengajar berpengalaman dari raksasa digital, antara lain Facebook, Shopee, Digitaraya, Grab Indonesia, dan Studio Yord.

Tema dan materi pelatihan seputar product sprint, branding, design, digital marketing, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), pengembangan bisnis, hingga bagaimana cara agar inovasi bisa memikat investor, atau modal ventura.

Dari 30 peserta bootcamp, 10 pemenang akan dipilih untuk mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka akan menjadi mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM untuk program digitalisasi UMKM.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN