Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab Gelar Bazar untuk UMKM. (IST)

Grab Gelar Bazar untuk UMKM. (IST)

Digitalisasi 350.000 UMKM Selama Pandemi Covid-19

Grab Gelar Bazar #TerusUsaha di 14 Kota

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 07:43 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, kembali mengumumkan berbagai inisiatif baru untuk membantu UMKM agar bisa #TerusUsaha di tengah pandemi Covid-19 secara berkesinambungan. Satu di antaranya, kali ini, Grab menggelar bazar #TerusUsaha di 14 kota.

Mulai 26 hingga 28 Oktober, Grab menggelar Online Bazar yang akan memberikan promosi khusus bagi 52.000 mitra UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress, dan GrabKios di 14 kota, termasuk Kota Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, Makassar, dan lainnya.

Selain itu, Grab memperkenalkan fitur Ad Manager dalam aplikasi GrabMerchant, sebuah layanan pembuatan iklan mandiri yang memberikan kemudahan bagi mitra merchant GrabFood untuk mengatur iklan pada produknya dengan mudah dan terjangkau.

Selama pandemi, Grab telah memperkenalkan lebih dari 40 solusi yang membantu UMKM untuk bisa bertahan. Hingga kini, lebih dari 350.000 UMKM baru telah bergabung dalam aplikasi Grab di Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi kembali menekankan komitmen Grab untuk UMKM Indonesia. “Sejak pandemi, Grab terus berinovasi untuk membantu lebih banyak UMKM beradaptasi agar ketahanan ekonomi dapat terjaga melalui program #TerusUsaha,” ujar Neneng, dalam keterangannya, Jumat (23/10).

Sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital, Grab juga telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi yang bekerja sama dengan 30 pemerintah pusat dan daerah yang mendapat respons positif dari berbagai pihak.

“Hari ini (Jumat, 23/10), kami bangga bisa meluncurkan tiga solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produknya dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” jelasnya. 

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Teten Masduki pun menyampaikan apresiasinya kepada Grab dalam upayanya yang telah dan terus dilakukan dalam mendukung percepatan transformasi digital para pelaku UMKM.

“Dukungan bagi UMKM agar dapat bertahan dan terus berkembang di masa pandemi seperti saat ini harus diberikan secara berkesinambungan,” tutur Teten.

3 Solusi UMKM

Sementara itu, Grab telah menghadirkan tiga solusi baru untuk membantu para pelaku UMKM Indonesia agar bisa beradaptasi terhadap pandemi Covid-19 dan terus berusaha.

Pertama,  Bazar #TerusUsaha. Grab menyediakan promosi khusus bagi 52.000 mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress, dan GrabKios di 14 kota Indonesia.

Grab menyediakan laman khusus #TerusUsaha dengan banner digital pada aplikasi Grab dan portal www.grabforgood.id yang dapat diklik untuk melihat puluhan ribu produk UMKM, berbelanja, dan menikmati promo, paket, dan beragam penawaran khusus, pada 26 hingga 28 Oktober 2020.

Kedua, Pembuatan iklan mandiri untuk mitra Merchant GrabFood, yakni GrabAds Ad Manager. Layanan ini akan membantu mitra merchant dengan mudah mengelola iklannya untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab hanya dalam waktu tiga menit.

Melalui aplikasi GrabMerchant, mitra merchant dapat membuat iklan  tanpa harus menyewa desainer dengan menggunakan serangkaian fitur yang tersedia. Dengan tiga langkah mudah, yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, serta mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan, mitra merchant dapat memilih tipe iklan yang diinginkan, yakni Banner Ad.

Ketiga, Komunitas dan kelas khusus UMKM hadir untuk mendukung UMKM Indonesia melalui transfer ilmu dengan para pakar dan juga wadah untuk bertukar pikiran.

Ada Klub Juragan GrabExpress untuk para social sellers berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan, atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress. Begitu juga, tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini melalui akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress.

Selanjutnya, tersedia akun Instagram @GrabMerchantID khusus untuk mitra dan calon mitra merchant GrabFood dan GrabMart mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.

Terakhir, 1001 tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi, kemasan, dan masih banyak lagi. Berbagai tips hadir tiap minggu di Instagram dan YouTube channel Grab Indonesia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN