Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GrabFood. Foto: IST

GrabFood. Foto: IST

Grab Inovasi Fitur untuk Kuliner dengan Sentuhan Khas Asia Tenggara

Rabu, 3 Maret 2021 | 16:35 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Grab, super app terkemuka di Asia Tenggara melakukan inovasi teknologi pada layanan GrabFood. Inovasi tersebut disesuaikan dengan cita rasa khas di Asia Tenggara. Tujuannya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna saat mencari, memesan, dan menunggu makanan tiba.

Head of Engineering Deliveries Grab Xiaole Kuang mengatakan, saat membangun teknologi pengantaran makanan ini, pihaknya sudah memikirkan supaya bisa menggunakan pendekatan kearifan lokal dalam skala besar.

“Kami memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan bagi pengguna dan mendorong adanya permintaan yang stabil bagi para mitra merchant kami. Kami juga terus menjaga konsistensi pengalaman pengguna ketika berada dalam jangka waktu yang sempit,” kata Kuang melalui virtual conference, Rabu (3/3).

Terkait relevansi memberikan sentuhan khas tersebut, kata Kuang supaya tim Grab di masing-masing negara dapat menyesuaikan berbagai elemen di halaman beranda Grabfood untuk berfokus pada relevansi bagi para pengguna berdasarkan pola konsumsi yang berasal dari kebiasaan pemesanan mereka.

“Hal ini juga mencakup kemampuan untuk memberikan sentuhan lokal pada konten yang terdapat pada display banner, kategori dan carousel,” ujar Kuang.

Lebih jauh, Grab juga memberikan rekomendasi pilihan alternatif. Apabila hidangan atau restoran yang dicari tidak tersedia atau memiliki kurang dari empat opsi, aplikasi akan mencarikan mitra merchant serupa berdasarkan pada kemiripan kata kunci yang terdapat pada menu dengan memanfaatkan machine learning.

Di sisi lain, terdapat juga personalisasi, yang mana aplikasi Grab mampu memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan atas hal-hal yang disukai oleh pelanggan. Rekomendasi disusun berdasarkan metode peringkat yang mempertimbangkan banyak faktor.

Personalisasi juga dapat dilakukan secara real time. Sebagai contoh, pengguna yang menelusuri restoran cepat saji tertentu akan melihat bagian ini diperbaharui untuk menampilkan opsi makanan cepat saji serupa lainnya saat itu juga.

Grab juga menawarkan 5 jenis fungsi untuk melakukan pemesanan dalam aplikasi, yaitu, deliver on demand, self pick up, schedule delivery, group order, mix and match.

Fitur untuk Mitra Merchant

Tak hanya inovasi untuk pengguna, Grab juga melakukan inovasi untuk para mitra merchant. Untuk para mitra merchant, Grab telah mengerjakan berbagai produk teknologi back end yang menjadikan kegiatan operasional Grabfood menjadi lebih efisien, diantaranya, platform pemesanan. Untuk memfasilitasi penanganan pemesanan dengan lancar, tim Grab telah mengembangkan platform pemesanan yang menggabungkan lebih dari 10 sistem yang terhubung.

Platform ini dapat melakukan, menyediakan tampilan yang menyeluruh dari setiap pesanan yang masuk, memungkinakan para mitra merchant untuk terus memperbaharui informasi restoran mereka.

Lalu menawarakan fitur analisis di aplikasi Grab merchant sehingga mitra merchant dapat memahami perilaku permbelian para pelanggan dan melakukan program promosi atau kampanye yang relevan untuk mereka. Selanjutnya, menawarkan fitur-fitur open platform untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menjadikan proses integrasi selancar mungkin.

Berikutnya, terkait persiapan waktu tunggu. Rata-rata mitra pengantaran menghabiskan 6-11 menit menunggu di restoran sampai mitra merchant selesai menyiapkan pesanan mereka.

“Karena persiapan di tiap pasar mungkin berbeda, kami menguji berbagai fitur untuk mendorong mitra merchant menyiapkan makanan lebih cepat dan meminimalkan waktu tunggu mitra pengantaran di restoran,” tutur Kuang.

Melalui inovasi ini, Grab juga dapat mengoptimalkan armada. Dengan penelompokkan pesanan, sistem Grab dapat memberikan dua pesanan konsumen atau lebih dengan titik pengantaran penjemputan terdekat untuk diselesaikan oleh mitra pengantaran dalam satu perjalanan.

“Pengumpulan pesanan dikembangkan untuk membantu kami mengoptimalkan armada, terutama selama jam sibuk dan waktu krisis pasokan, seperti saat hujan deras, dan saat makan malam,” jelas Kuang.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN