Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran #TerusUsaha oleh Grab pada Selasa (30/6). (IST)

Peluncuran #TerusUsaha oleh Grab pada Selasa (30/6). (IST)

Bantu UMKM Indonesia Berkembang

Grab Luncurkan Program #TerusUsaha

Selasa, 30 Juni 2020 | 19:20 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Grab Indonesia meluncurkan #TerusUsaha pada Selasa (30/6). Ini merupakan sebuah program yang didedikasikan untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat beradaptasi dan berkembang di era tatanan baru di tengah pandemi Covid-19.

Program tersebut mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM. Mereka juga diberikan iklan promosi gratis untuk membantu meningkatkan visibilitas secara online, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu, Grab meluncurkan microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan tips dan pengetahuan lainnya agar terus dapat mengembangkan bisnisnya.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, bisnis kecil merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun, 87% dari mereka masih berjualan secara luring (offline). Dengan dunia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, mereka harus menguasai teknologi dan mendigitalisasi bisnisnya agar tak tertinggal.

#TerusUsaha adalah bagian dari komitmen Grab For Good yang bertujuan untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan juga layanan digital kepada UMKM.

“Program ini kami ciptakan untuk mendukung program #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan Presiden Joko Widodo, dan, kami berharap dapat membantu bisnis kecil menavigasi era tatanan baru dengan semangat gotong-royong,” ujar Ridzki, dalam konferensi virtual (virtual conference), Selasa (30/6).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, yang turut hadir dalam peluncuran program tersebut, menekankan pentingnya kerja sama antara sektor swasta dan publik dalam membantu Indonesia melalui masa pandemi.

“Covid-19 memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat Indonesia. Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa ini untuk bergerak maju dan bangkit sebagai kesatuan,” ujar Airlangga.

Grab pun dinilainya telah menjadi mitra yang penting bagi pemerintah selama masa pandemi. Airlangga pun mengaku senang dengan inisiatif #TerusUsaha untuk mendukung UMKM agar siap menghadapi era tatanan baru.

“Digitalisasi saat ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya, dan, saya senang Grab mengambil peran untuk mendukung Indonesia dalam perjalanan itu,” tambahnya.

Hadapi Covid-19

Di Indonesia, Grab berkomitmen lebih dari Rp 260 miliar untuk memerangi penyebaran virus Covid-19. Sejak Maret hingga April 2020, Grab Indonesia telah meluncurkan lebih dari 24 inisiatif baru untuk meringankan dampak pandemi pada mitra pengemudi dan pengiriman sebagai garda terdepan serta komunitas.

“Kami akan terus berupaya agar wirausahawan mikro, atau bisnis sekecil apa pun mampu beradaptasi dalam era tatanan baru dan mempertahankan mata pencaharian mereka,” tegas Ridzki.

Sementara itu, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Victoria Br Simanungkalit menambahkan, UMKM berkontribusi lebih dari 60% untuk PDB nasional dan menyerap 97% dari total tenaga kerja di Tanah Air.

 “Kami percaya bahwa dengan kolaborasi pihak swasta seperti Grab, kami dapat memperluas upaya ini. Saya sangat senang bahwa Grab berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan memastikan UMKM juga terlibat dalam ekonomi digital melalui #TerusUsaha,” tutup Victoria.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN