Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Persemian Grab Tech Center dihadiri jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. (IST)

Persemian Grab Tech Center dihadiri jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. (IST)

Grab Resmikan Grab Tech Center

Selasa, 10 November 2020 | 19:21 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Grab resmi mengumumkan kehadiran Grab Tech Center, pusat inovasi talenta digital, di Gama Tower, Jakarta. Kehadiran pusat inovasi seluas lebih dari 12 ribu meter persegi ini akan meningkatkan kapabilitas talenta digital dan solusi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia.

Kehadiran pusat inovasi tersebut menjadi fasilitas terbesar dan merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang Grab di Tanah Air. Harapan selanjutnya, Grab Tech Center akan membawa teknologi buatan Indonesia ke kawasan Asia Tenggara.

Dalam peresmiannya, Grab mengundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Perhubungan Budi K Sumadi, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.

Selanjutnya, hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Bahlil Lahadalia. Selain itu, Ilham Habibie, selaku perwakilan Presiden Republik Indonesia Ketiga Alm BJ Habibie, turut meresmikan BJ Habibie Hall yang berlokasi di Grab Tech Center.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Pandjaitan menyambut baik dibukanya Grab Tech Center. Para investor, seperti Grab, yang berkomitmen jangka panjang bagi perkembangan Indonesia dinilainya memainkan peran penting dalam mewujudkan misi Making Indonesia 4.0.

“Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, kami membutuhkan dukungan dari mitra seperti Grab yang berkomitmen tidak hanya dari segi permodalan, tetapi juga sumber daya untuk mendorong pengembangan talenta dan infrastruktur digital di Tanah Air,” ujar Luhut, melalui virtual conference di Jakarta, Selasa (10/11).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate juga menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran Grab Tech Center di Indonesia. Grab Tech Center disebutnya dapat membangun talenta digital Indonesia, terutama guna menyongsong era Industri 4.0.

“Ekonomi digital terus berkembang, infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi) terus kami bangun hingga ke pelosok Tanah Air. Dengan demikian, downstream TIK mudah-mudahan terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan Grab Indonesia,” ungkap Johnny.

Solusi UMKM

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menambahkan, Grab Tech Center akan menjadi pusat inovasi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Grab akan bekerja sama dengan jaringan Research and Development (RnD) Grab di seluruh dunia untuk mengembangkan dan uji coba berbagai solusi bagi para pelaku UMKM dan menerapkannya di negara-negara Asia Tenggara.

“Grab Tech Center adalah wujud dukungan kami terhadap jutaan UMKM di Indonesia sebagai tulang punggung ekonomi yang tersebar di Asia Tenggara,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut dia, baru sekitar 16% UMKM Indonesia yang masuk platfrom digital. Kehadiran Grab Tech Center akan difokuskan untuk menghadirkan  berbagai solusi bagi UMKM sekaligus mentransfromasikan para pelakunya masuk ke platform digital, atau mendukung misi Grab for Good yang diumumkan tahun lalu.

“Saat ini, kurang lebih 6 juta UMKM yang sudah menjalankan usahanya di platform Grab. Sesuai dengan misi kami, Grab akan menambahkan 5 juta UMKM dalam lima tahu ke depan dalam platform Grab,” ungkap Ridzki.

Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi menambahkan, Grab Tech Center akan fokus mengembangkan serangkaian perangkat dan solusi yang mudah digunakan untuk membantu UMKM bertransfromasi dan bertumbuh secara digital.

“Indonesia merupakan tempat yang ideal bagi kami untuk merancang, uji coba, dan menginkubasi solusi-solusi tersebut, di mana saat ini terdapat sekitar 64 juta UMKM, serta komitmen pemerintah yang begitu mendukung dalam melakukan inovasi,” jelasnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN