Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi penyaluran Dana GrabforGood. (Grab Indonesia)

Ilustrasi penyaluran Dana GrabforGood. (Grab Indonesia)

Grab Umumkan Dana GrabForGood US$ 275 Juta

Jumat, 9 April 2021 | 16:22 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab Holdings mengumumkan rencana pembentukan Dana GrabForGood dengan total nilai US$ 275 juta, atau sekitar Rp 3,9 triliun. Dana akan digunakan untuk mendukung program jangka panjang guna meningkatkan kualitas kehidupan para mitra pengemudi, pengantaran, dan mitra merchant, serta masyarakat di kawasan Asia Tenggara. 

Grab akan menumbuhkan dana GrabForGood yang terdiri atas US$ 50 juta berupa dana tunai dan US$ 200 juta dalam bentuk estimasi nilai saham Grab. Sebagai tambahan, Grab Group CEO dan Co-founder Anthony Tan, Co-founder Tan Hooi Ling, dan President of Grab Ming Maa juga akan mengontribusikan dana pribadinya dengan total US$ 25 juta dalam bentuk saham Grab.

Kontribusi tersebut akan menjadikan total dana GrabForGood mencapai US$ 275 juta berdasarkan estimasi valuasi sama Grab saat ini. Anthony Tan mengatakan, sejak pertama kali didirikan, misi Grab untuk mendorong pemberdayaan ekonomi bagi setiap orang di kawasan Asia Tenggara.

“Dana GrabForGood akan menjadi pilar utama dari upaya kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan para mitra Grab dan masyarakat luas, yang juga mencerminkan langkah penting atas komitmen jangka panjang kami untuk Asia Tenggara,” ungkap Tan, dalam pernyataannya, seperti dikutip Jumat (9/4).

Dia melanjutkan, Dana GrabForGood akan mulai dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 yang mendesak di wilayah-wilayah di mana vaksin tersebut sulit didapat. Seiring waktu, Grab juga berencana untuk memperkenalkan sejumlah program yang dapat menjadi pondasi kemajuan ekonomi dan sosial.

Grab pun akan memberikan lebih banyak orang akses terhadap kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan kehidupannya. “Misi kami adalah untuk menciptakan dampak positif yang abadi di setiap negara tempat kami beroperasi,” imbuhnya.

Dana tersebut akan ditujukan untuk mendukung berbagai program yang dapat memberikan dampak sosial dan lingkungan dalam jangka panjang, termasuk aspek seperti pendidikan, bantuan keuangan untuk masyarakat yang belum terlayani, serta isu-isu lingkungan.

Dewan Penasehat Dana GrabForGood pun akan dibentuk guna menghadirkan perwakilan yang kompeten bagi para mitra Grab dan masyarakat Asia Tenggara untuk memberikan umpan balik dan rekomendasi terkait pemanfaatan dana tersebut.

Inisiatif Jangka Pendek

Sementara itu, dana lebih dari US$ 20 juta akan digunakan untuk menyediakan vaksin Covid-19 secara gratis bagi para mitra Grab. Hal ini dilakukan karena pandemi Covid-19 telah berdampak kepada kehidupan masyarakat di Asia Tenggara.

Mereka yang menjadi sasaran tersebut tidak termasuk dalam target penerima vaksin dari program vaksinasi nasional. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari hasil survei yang dilakukan pada Februari 2021 yang menemukan bahwa 92% pengguna Grab umumnya akan terus dibayangi kekhawatiran akan situasi Covid-19.

 Saat ini, Grab telah mulai memperoleh akses terhadap vaksin dan akan menjalankan pusat vaksin untuk memvaksinasi para mitra yang memenuhi syarat di masing-masing wilayah. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN