Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Grab undang UMKM dan menteri untuk berbagi pengalaman. (IST)

Grab undang UMKM dan menteri untuk berbagi pengalaman. (IST)

GrabFood Undang Lebih dari 5.000 UMKM

Kamis, 5 November 2020 | 20:50 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.co.id - Grab, melalui GrabFood, mengundang dan mengedukasi lebih dari 5.000 UMKM pada gelaran perdana Konferensi Nasional Mitra Merchant selama setengah hari. Pada kesempatan tersebut, Grab juga menegaskan komitmen dukungannya terhadap UMKM di bidang kuliner Tanah Air.

Konferensi bertema Buka Potensi Bersama Grab itu hadir untuk memberikan edukasi sejumlah fitur dan produk terbaru pada aplikasi GrabMerchant, pertukaran pengetahuan dari para mitra merchant yang mencetak sukses, serta memberikan apresiasi atas kinerja mitra merchant pada tahun penuh tantangan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan tema Sukses di Era Digital, acara itu ditujukan untuk membekali pebisnis skala kecil dengan keterampilan digital, pengetahuan, perangkat, dan dukungan untuk mendukung pertumbuhan bisnis online di Grab. Pada kesempatan tersebut, Grab juga mengumumkan sejumlah fitur dan inisiatif terbaru, termasuk kredit iklan gratis.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, Grab berkomitmen untuk terus memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala, bahkan yang terkecil sekali pun, untuk bertransformasi dan berkembang secara online.

“Kami menyediakan sejumlah solusi teknologi inovatif yang mudah digunakan dan dapat diandalkan, dukungan terbaik, serta program edukasi guna mengoptimalkan bisnis mereka,” ujar Neneng, dalam pernyataannya, Kamis (5/11) .

Menurut dia, konferensi mitra merchant pertama kali itu dijalankan dengan semangat #TerusUsaha dalam mendukung digitalisasi UMKM Indonesia. Grab pun senang melihat respons sangat baik dari para mitra merchant di acara Buka Potensi Bersama  Grab yang juga dihadiri oleh sejumlah menteri dan ahli pada industrinya.

Menteri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Teten Masduki, yang hadir dalam konferensi itu, pun mengungkapkan apresiasinya terhadap Grab.

“Grab telah menjadi rekan strategis pemerintah Indonesia yang konsisten mendorong transformasi digital para pelaku UMKM selama pandemi Covid-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi negeri,” ujar Teten.

Inisiatif Grab yang dijalankan melalui konferensi Buka Potensi Bersama Grab untuk para mitra merchant GrabFood, terutama kalangan UMKM, dinilainya merupakan sarana pengembangan yang dibutuhkan agar lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital.

Grab juga mendukung gerakan #BeliKreatifLokal, sebuah program pilot dari inisiatif #BanggaBuatanIndonesia yang digagas oleh Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan ekonomi kreatif di tengah pandemi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wishnutama Kusubandio, yang juga hadir dalam konferensi, juga meyakini bahwa semua pihak perlu berkolaborasi, bersinergi, dan bergerak bersama untuk bangkit di tengah pandemi dengan cara menyesuaikan diri pada era digital.

“Mari kita #TerusUsaha dan memanfaatkan potensi yang ada untuk berkontribusi menjadi pejuang negeri dengan membantu untuk mengerakkan dan memulihkan perekonomian nasional,” ungkap Wishnutama.

Optimalkan Teknologi

Sementara itu, teknologi telah memungkinkan jutaan bisnis kecil bertransformasi menjadi UMKM di Indonesia. Salah satunya, Aussie Andry, pemilik Nasi Kulit Gokskin, pun mengakui manfaat dari digitalisasi bisnis.

Aussie telah bergabung dengan GrabFood sejak Oktober 2019. Awalnya, dia memulai bisnis hanya dengan satu toko untuk melihat respons pasar. Selanjutnya, bergabung dengan GrabFood telah membantu ekspansi bisnisnya hingga 24 cabang dalam satu tahun.

“Bagi saya, GrabFood telah membantu saya menawarkan produk ke audiens yang tepat. Saya yakin Grab akan terus mendukung kami, para mitra merchant, dengan berbagai inovasi dan layanan yang semakin memudahkan dalam mengembangkan bisnis,” ujarnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN