Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba. (IST)

Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba. (IST)

Indonesia Targetkan Pembahasan DEWG G20 Dukung Kebutuhan Negara Berkembang

Rabu, 29 Desember 2021 | 19:06 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id -  Indonesia, sebagai Presidensi G20, menargetkan hasil konkret dalam pembahasan Digital Economy Working Group (DEWG) pada gelaran Forum G20 agar mendukung kebutuhan negara-negara berkembang.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyiapkan Digital Transformation Expo pada saat leaders meeting dalam acara puncak Forum G20. Pameran itu akan menyajikan kerja kolaborasi ekosistem digital Indonesia dalam melakukan percepatan transformasi digital dari hulu ke hilir.

“Jadi, kami mengundang Bapak dan Ibu dalam Working Group maupun Engagement Group yang memiliki use case di bidang digital untuk ikut bersama kami di dalam Digital Transformation Expo, sehingga infrastruktur yang kita bangun bisa terlihat pemanfaatannya,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba, usai Rapat Koordinasi Isu Transformasi Digital Lintas Working Group - Engagement Group dalam Sherpa Track Presidensi G20 Indonesia secara virtual, dari Kantor Kemenkominfo, Jakarta, dikutip Rabu (28/12).

Menurut dia, dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, Kemenkominfo memiliki empat tugas, yakni berkaitan dengan substansi dalam DEWG, dan tugas lain berkaitan dengan penyelenggaraan. Kemudian, tugas komunikasi publik dan media, penyediaan jaringan, atau akses internet, dan penyediaan platform video conference.

“Kememkominfo menjadi pengampu Digital Economy Working Group. Nah, isu digital, atau transformasi digital merupakan salah satu dari tiga agenda Presidensi G20 Indonesia,” jelasnya.

Mira melanjutkan, Pemerintah Republik Indonesia memprioritaskan tiga isu prioritas dalam Presidensi G20 yang mencakup isu kesehatan yang inklusif, transformasi digital, dan transisi energi.

“Nah, Kemenkominfo adalah pengampu isu yang kedua, yaitu Digital Transformation. Ternyata, baik Engagement Group di bawah Sherpa Track maupun Working Group di bawah Finance Track memiliki isu digital,” kata dia.

Karena itu, Kemenkominfo ditugaskan oleh Sherpa untuk men-streamlining-kan semua isu digital supaya menjadi coherence dan cohesive. Artinya, isu tersebut saling sejalan dan saling mendukung. 

Mira menjelaskan, dalam pertemuan ketiga yang telah berlangsung, Kemenkominfo telah melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga pengampu Working Group. “Sebelumnya, kami juga sudah melakukan pertemuan dengan Engagement Group di akhir bulan lalu dan di awal bulan ini,” ujarnya.

Tiga Isu Prioritas

Dia pun mengapresiasi keterlibatan dan dukungan pemangku kepentingan di Indonesia dalam mendukung pembahasan agenda DEWG. Dalam Presidensi G20 Indonesia, DEWG memiliki tiga isu prioritas, yaitu pemulihan dan konektivitas pasca-Covid-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta cross-border data flow dan data free-flow with trust.

“Jadi tadi, kami lihat di sepanjang rapatnya itu hasilnya positif. dalam arti isu-isu digital di masing-masing EG/WG sejalan dengan isu yang diusung oleh Kemenkominfo,” ungkapnya.

Mira menyontohkan pokok bahasan yang disampaikan Empower G20. Fokus pembahasan untuk meningkatkan peran perempuan di bidang kewirausahaan yang menggunakan teknologi digital sangat baik.

Selain itu, dalam Employment Working Group, Kementerian Tenaga Kerja juga membawa isu Future Job, di mana teknologi digital menjadi salah satu motornya. 

“Sebagai tindak lanjutnya, kita akan terus saling meng-update untuk memastikan sinkronisasi isunya, dan bahkan, ada beberapa potensi kerja sama yang kami lihat dari EG/WG lain yang kita bisa saling memperkuat,” tegas Sekjen Kemenkominfo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN