Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Kota Surabaya. (IST)

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Kota Surabaya. (IST)

Layanan 5G Indosat Ooredoo Rambah Surabaya

Kamis, 16 September 2021 | 16:15 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo meluncurkan layanan 5G komersial di Kota Surabaya. Sebelumnya, perseroan juga telah meluncurkan layanan serupa di Kota Solo dan Jakarta untuk mendorong inovasi serta pengembangan konten dan use case 5G lokal yang akan meningkatkan kehidupan masyarakat.

Bertepatan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Surabaya, sebuah Nokia 5G Experience Center baru juga telah dibuka di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), melalui kemitraan dengan Nokia, ITS, dan Universitas Oulu Finlandia.

Fasilitas tersebut fokus menyediakan pendidikan, pengembangan, dan kemampuan pengujian di bidang 5G. Tujuannya untuk membantu penguatan talenta digital lokal, pengembangan konten dan use case 5G lokal, serta mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, peluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia. Teknologi ini akan membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah.

“Sebagai hasil kolaborasi kami dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia, kami hadirkan 5G Experience Center untuk inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini. Dengan dukungan penuh pemerintah, kami terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G,” ujar Ahmad, melalui virtual conference, Kamis (16/9).

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno. Sandiaga pun mengapresiasi komitmen dan konsistensi Indosat Ooredoo dalam menghadirkan layanan 5G di Tanah Air.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan teknologi 5G untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif yang akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan perkembangan ekonomi digital Indonesia,” ujar Sandiaga.

Diapresiasi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menambahkan, pihaknya mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo. Apalagi, sinergi Indosat Ooredoo, Nokia, dan ITS, untuk membantu percepatan layanan publik dari pemerintah kepada masyarakat.

“Di Jawa Timur, kami memiliki tagline CETAR, Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif, di mana semuanya ada di 5G. Semoga hadirnya 5G dari Indosat Ooredoo bisa segera untuk mempercepat layanan bagi kemakmuran masyarakat Jawa Timur,” tutur Khofifah.

Sementara itu, Rektor ITS Mochamad Ashari menuturkan, pembukaan 5G Experience Center merupakan pencapaian yang luar biasa bagi ITS dan Kota Surabaya di Jawa Timur.

“Kami berharap, fasilitas ini akan membantu pengembangan bakat talenta digital muda dan membuka peluang untuk inovasi 5G guna menciptakan berbagai use case baru yang dapat mendukung dan mendorong pemulihan ekonomi setempat,” ungkap Ashari.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN