Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi LG Electronics bergabung dalam proyek IBM Quantum Network. (IST)

Ilustrasi LG Electronics bergabung dalam proyek IBM Quantum Network. (IST)

LG Electronics Bergabung dalam Proyek IBM Quantum Network

Senin, 17 Januari 2022 | 13:26 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - IBM, perusahaan vendor teknologi asal Amerika Serikat, mengumumkan bahwa LG Electronics, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, telah bergabung dalam inisiatif IBM Quantum Network untuk mengembangkan dan memajukan aplikasi industri komputasi kuantum (Quantum Computing).

LG Electronics akan terlibat dalam proyek tersebut selama tiga tahun ke depan. LG  akan mendukung pada pengembangan big data, artificial intelligence (AI), connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications.

Dengan bergabung dalam IBM Quantum Network, IBM akan memberikan LG Electronics akses ke sistem serta akses keahlian kuantum IBM dan Qiskit, yaitu kit pengembangan perangkat lunak informasi kuantum sumber terbuka dari IBM.

Dengan IBM Quantum, LG dapat memanfaatkan kecanggihan serta aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputasi kuantum seiring langkahnya untuk bangkit, sesuai dengan roadmap kuantum IBM.

Dengan memanfaatkan teknologi IBM Quantum, LG akan memberikan pelatihan tenaga kerja kepada karyawannya. Hal ini memungkinkan LG lebih bisa mendalami bagaimana terobosan-terobosan potensial yang dapat diterapkan pada industrinya.

"Berdasarkan strategi inovasi terbuka yang kami miliki, kami berencana menggunakan IBM Quantum untuk mengembangkan kompetensi dalam komputasi kuantum," ucap CTO dan Wakil Presiden Eksekutif LG Electronics Byoung-Hoon Kim, dalam pernyataannya, Senin (17/1).

Menurut dia, LG mengemban misi untuk memberi pelanggan nilai yang belum pernah dirasakan sejauh ini dengan memanfaatkan teknologi komputasi kuantum pada bisnis masa depan.

“Dengan senang hati, kami menyambut LG Electronics dalam ekosistem komputasi kuantum yang sedang berkembang di Korea pada momen penuh peluang untuk wilayah ini,” kata Fellow dan VP Quantum Computing di IBM Jay Gambetta.

Dengan terjalinnya hubungan antara IBM dan LG Electronics, lanjut dia, LG dapat mengeksplorasi jenis masalah baru yang terkait dengan teknologi yang muncul dan akan membantu penguatan kemampuan kuantumnya di Korea Selatan.

Komputasi kuantum merupakan evolusi yang menarik dalam komputasi. Ketika komputer klasik masih melakukan komputasi dalam bit yang merepresentasikan 0 dan 1, komputer kuantum telah menggunakan qubit yang memanfaatkan fenomena mekanika kuantum, seperti interferensi dan keterkaitan (entanglement) dalam komputasi untuk memecahkan masalah yang secara fundamental tidak dapat dipecahkan komputer klasik.

Hasilnya, komputasi kuantum akan dinilai sangat cocok untuk membantu eksplorasi pendekatan baru dalam pemecahan masalah, seperti yang ada dalam strategi inovasi terbuka LG Electronics, termasuk big data, AI, connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN