Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (kiri) bertemu Dubes Prancis Olivier Chambard (kanan) di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Kamis (25/2). (IST)

Menkominfo Johnny G Plate (kiri) bertemu Dubes Prancis Olivier Chambard (kanan) di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Kamis (25/2). (IST)

Menkominfo: Prancis Turut Biayai 3 Proyek TIK

Kamis, 25 Februari 2021 | 19:23 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Prancis menyampaikan komitmennya untuk ikut serta membiayai setidaknya tiga proyek teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), yakni satelit Satria-1, pusat data nasional pemerintah, serta digitalisasi televisi nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membeberkan hasil pertemuan tersebut dengan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard di Jakarta, Kamis (25/2).

Melalui diskusi kedua belah pihak, Prancis pun sepakat untuk turut berpartisipasi dalam tiga proyek strategis Kemkominfo, yaitu proyek satelit multifungsi RI (Satria-1), pusat data nasional milik pemerintah, serta digitalisasi TVRI.

“Ini adalah bagian dari kunjungan dan diskusi secara rutin antara Dubes Prancis dan Kemkominfo. Saya tentu menyambut baik pertemuan dan diskusi ini,” ujar  Johnny, dalam konferensi secara virtual, Kamis (25/2).

Menurut dia, terkait proyek satelit multifungsi Satria-1, perencanaan proyek sudah memasuki tahap akhir, dan dalam waktu satu-dua hari ke depan, akan memasuki tahap financial closed. “Saat ini sudah di tahap akhir. Mudah-mudahan financial closed dapat dilakukan dalam 1-2 hari ini,” tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan pusat data pemerintah, proyek ini pun sudah memasuki kepastian pembiayaan akhir (financial closed). Proyek sedang dibicarakan antara Pemerintah Prancis, Kementerian Keuangan (Kemkeu), dan Kementerian Bappenas.

Ketiga, Menkominfo dan Dubes Prancis juga membicarakan peran dan keikutsertaan Prancis dalam membiayai proyek TVRI berkaitan dengan digitalisasi (broadcasting digital system).

“Pemerintah Prancis memberikan komitmen yang kuat akan ikut serta dan berusaha agar sebagaimana yang diamanatkan oleh UU Cipta Kerja bahwa pada 2 November 2022 sudah tersedia dengan baik infrastruktur yang mendukung analog switch off (ASO). Dan, dimulainya secara nasional digital broadcasting kita,” jelas Johnny.

Pada kesempatan itu, Menkominfo juga menyampaikan, dari sisi teknis, Kemkominfo telah melakukan evaluasi secara matang terhadap ketiga proyek tersebut. Selanjutnya, Kementerian Bappenas yang akan menindaklanjuti pembicaraan dengan negara-negara yang punya investor prospektif.

“Mudah-mudahan ketiga proyek ini segera terealisasi dalam waktu dekat ini,” harap Johnny.

Sementara, Olivier Chambard menambahkan, Indonesia merupakan mitra penting bagi Prancis. Karena itu, Prancis berkomitmen untuk turut serta dalam proses pembangunan, termasuk bantuan keuangan modal kepada Indonesia.

Di sisi lain, Prancis berkomitmen untuk trurut serta dalam transfer knowlegde kepada Indonesia.“Kami akan melanjutkan kerja sama. Karena, kami akan membagikan teknologi expertise dan financial. Indonesia merupakan partner penting bagi Prancis,” tegas Dubes Prancis untuk Indonesia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN