Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi video streaming. (Foto; beonair.com)

Ilustrasi video streaming. (Foto; beonair.com)

Opensignal: Akses Streaming Terbaik di Sorong

Senin, 1 Juni 2020 | 19:03 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Opensignal, perusahaan analisis perangkat bergerak (mobile), menerbitkan analisis terbaru mengenai pengalaman menonton video langsung (video streaming) melalui telepon seluler (smartphone) di Indonesia. Hasilnya, Kota Sorong di Papua, menempati sebagai tempat terbaik untuk mengakses dan menontonnya.

Dalam blog berjudul West Papua’s Kota Sorong enjoys the best quality of mobile video streaming in Indonesia, Opensignal menganalisis pengalaman video streaming pada smartphone di 44 kota terbesar. Analisis berdasarkan skor gabungan semua operator nasional dengan berbagai teknologi jaringan berbeda dalam skala penilaian 0-100.

Hasil analisis menyimpulkan, pengguna di Kota Sorong menikmati video streaming dengan kualitas terbaik di Indonesia dengan skor 68,1, serta selanjutnya, menyusul di Kota Ambon (Maluku) dan Jayapura (Papua) masing-masing dengan skor 67,4 dan 65. Ketiganya pun berada di kategori peringkat sangat baik (very good).

“Ini berarti bahwa pengguna di tiga kota itu rata-rata mengalami waktu pemuatan (loading) yang lebih cepat dan hanya lamban sesekali saja dibandingkan dengan kota-kota lain,” ujar analis data Opensignal Hardik Khatri, dalam keterangannya, Senin (1/6).

Opensignal menemukan bahwa pengalaman menonton video di daerah perkotaan Indonesia berkisar dari adil (fair) dengan hasil skor 40-55 hingga very good dengan skor 65-75 tergantung pada lokasinya. Sebagian besar pengguna di kota-kota yang dianalisis telah menikmati pengalaman video streaming yang baik.

Pengguna di 40 kota telah merasakan pengalaman video streaming yang baik (good) dengan skor antara 55-65 poin. Ini berarti, sudah banyak pengguna di daerah perkotaan Indonesia yang menikmati pengalaman video streaming mencukupi pada resolusi lebih rendah. Namun, loading-nya masih lambat dan terhenti, khususnya pada resolusi tinggi.

Pulau Jawa

Kota dengan kategori peringkat good teratas terdiri atas Kota Tarakan (Kalimantan Utara), Manado (Sulawesi Utara), dan Gorontalo (Provinsi Gorontalo). Kenyataannya, tidak ada kota di pulau Jawa yang masuk dalam peringkat 10 besar.

Nilai tertinggi di pulau Jawa diraih oleh Kota Bekasi (Jawa Barat) dengan skor 60,3, atau di peringkat ke-19, Kota Surabaya (Jawa Timur) di peringkat ke-22 dengan skor 59,8, dan Kota Bandung (Jawa Barat) di perikat ke-26 dengan skor 59,6. Sedangkan ibu kota Jakarta berada di peringkat ke-28 dengan skor 59,1. 

“Semua kota besar lain di Indonesia, seperti Makassar, Palembang, Medan, serta Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, semuanya juga berada di luar 10 besar,” tambah Hardik.

Peringkat akses menonton video straeming di Kota Makassar (Sulawesi Selatan) pada posisi ke-16 dengan skor 60,5, Palembang (Sumatera Selatan) ke-17 dengan skor 60,4, Medan (Sumatera Utara) ke-20 dengan skor 60,3, serta Tangerang Selatan dan Tangerang (Banten) peringkat ke-21 dengan skor 59,9.

Terakhir, ibu kota Banten, Kota Serang, menjadi satu-satunya kota yang diukur dengan pengguna merasakan pengalaman menonton video streaming yang adil (fair) pada peringkat ke-44 dan skor 53,1.

Itu artinya, kualitas video streaming di Banten ditandai dengan waktu loading yang lebih lambat dan penundaan yang lama, terutama pada resolusi yang lebih tinggi (HD).
 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN