Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp. (IST)

Logo aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp. (IST)

Sambut Bulan Ramadan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ajak Ekspresikan Kebaikan

Senin, 12 April 2021 | 11:01 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  - Seiring dengan datangnya bulan Ramadan tahun 2021 di masa pandemi Covid-19, umat Islam di Indonesia sudah semakin terbiasa dengan tradisi baru, yaitu berkumpul secara virtual dan merayakan kebersamaan secara daring (online). Dorongan menyebarkan semangat kebaikan pun digelorakan.  

Tak ketinggalan, tahun ini, Facebook dan keluarga aplikasinya (Facebook Group) pun mengajak orang-orang di Indonesia untuk bergabung dengan komunitas global dalam kampanye Ramadan online, yakni #BulanKebaikan.

Mulai dari hari pertama bulan Ramadan, banyak cara dan ide yang akan dihadirkan agar setiap orang bisa menjelajahi, menginspirasi, dan mengekspresikan kebaikan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Dengan semangat bulan Ramadan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp meluncurkan kampanye #BulanKebaikan guna memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami,” kata Country Director untuk Facebook di Indonesia Pieter Lydian, dikutip Senin (12/4).

Sebagai bagian dari kampanye tersebut, Facebook Group juga akan mengangkat kisah dan inspirasi dari figur-figur yang telah menciptakan dampak positif di komunitas.

“Selain itu, kami akan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan serta terhubung dengan teman dan keluarga di bulan yang suci ini,” imbuhnya.

Di Indonesia, lebih dari 10 juta orang membuat post dan komentar di Facebook tentang pengalaman berbuka puasa selama bulan Ramadan tahun lalu. Pada tahun ini, Facebook menghadirkan beberapa ide, program, dan fitur baru khusus untuk Ramadan.

Ajakan Kebaikan

Ajakan Jelajahi Kebaikan digaungkan dengan membantu orang-orang menjelajahi beragam cara untuk menyebarkan kebaikan selama Ramadan di antaranya melalui Kebaikan Beruntun (Pay-it-Forward). Perbuatan baik sekecil apa pun akan memberikan dampak yang besar bagi orang lain.

Ramadan tahun ini, Facebook, Instagram, dan WhatsApp berharap dapat memulai rangkaian kebaikan beruntun yang dapat menginspirasi orang-orang untuk berbuat kebaikan dan mengajak orang lain juga untuk berbuat kebaikan.

Beberapa ide menarik telah disiapkan untuk memulai rangkaian kebaikan beruntun, mulai dari membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat kita bagikan kepada kurir pengantar makanannya, hingga, membangun silaturahmi kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu.

“Ide-ide #BulanKebaikan yang kami bagikan ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan bersama teman dan keluarga,” tutur Pieter.

Selanjutnya, ajakan memberikan Inspirasi Kebaikan dengan kolaborasi bersama kreator dan komunitas untuk menyuarakan figur-figur yang telah membawa dampak positif di komunitas serta menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

Satu contohnya, Ramabar, streamer gamers resmi Facebook akan berkumpul secara virtual selama tiga kali dalam seminggu bersama komunitasnya  menjelang waktu buka puasa dan mengadakan sesi siaran langsung sambil berbagi cerita tentang Ramadan yang menginspirasi.

Ustad Muhammad Nur Maulana, atau lebih dikenal dengan Ustad Maulana dan beberapa pemuka agama lainnya juga akan bergabung dalam program tersebut untuk memberikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) dan berdiskusi tentang topik Ramadan yang dekat dengan komunitas Gaming, seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame, dan lainnya.

Fitur Ramadan

Sementara itu, fitur Ramadan Seru di Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp akan dihadirkan untuk semakin menyemarakkan suasana.  

Beberapa fitur Ramadan baru yang akan hadir antara lain stiker pada Stories di Instagram yang dirancang oleh desainer asal Bahrain, @haluulie. Stiker di WhatsApp yang didesain oleh ilustrator asal Turki, Murat Kalkavan.

Murat terinspirasi dari memori masa kecilnya ketika Ramadan, mulai dari saat berbuka puasa bersama keluarga, hingga mendapatkan kudapan manis dari tetangga.

Selanjutnya, stiker Avatar dan News Feed di Facebook. Terakhir, efek kamera dan stiker terbaru yang juga akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN