Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teknisi XL Axiata mengecek BTS di Pondok Karya, Mampang, Jakarta, pascabanjir, Kamis (25-2). (IST)

Teknisi XL Axiata mengecek BTS di Pondok Karya, Mampang, Jakarta, pascabanjir, Kamis (25-2). (IST)

XL Axiata Telah Pulihkan 100% Jaringan Terdampak Banjir

Kamis, 25 Februari 2021 | 20:48 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk  memastikan bahwa semua jaringan dan layanannya di sejumlah lokasi yang terdampak bencana alam telah pulih 100%, termasuk di wilayah Jabodetabek akibat banjir di awal pekan ini.

Dari total sekitar 35 ribu BTS di wilayah Jabodetabek, hanya kurang dari 1% sempat terdampak banjir pada 20-22 Februari lalu. Saat ini, jaringan di wilayah tersebut telah sepenuhnya beroperasi dengan normal.

Tim XL Axiata di lapangan juga telah memastikan semua infrastruktur yang terdampak banjir dalam kondisi baik. Jaringan pun telah pulih di wilayah terdampak banjir besar di Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Begitu juga, jaringan yang terdampak gempa di Sulawesi Barat sudah pulih.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengakui, sebagian jaringan XL Axiata di lokasi bencana terdampak pemadaman aliran listrik dan mobilisasi genset sempat tidak bisa lancar karena kondisi medan akibat bencana.

Hal tersebut terjadi di wilayah, baik yang terlanda banjir atau gempa. Namun, hanya sebagian kecil perangkat yang mengalami kerusakan secara fisik, misalnya terendam air, atau akibat gempa. Pada umumnya, gangguan jaringan juga karena listrik padam.

“Berbagai kerja keras dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim teknis dalam menjaga performa jaringan berhasil menekan jumlah BTS yang terdampak banjir, sehingga hanya sekitar 1% dari total BTS yang ada di Jabodetabek,” ujar Darmayusa, dalam pernyataannya, Kamis (25/2).

Menurut dia, beberapa langkah preventif yang telah dilakukan tim XL Axiata antara lain berupa relokasi perangkat vital ke tempat yang lebih tinggi, serta desain ulang penempatan dan pembangunan shelter BTS di posisi lebih tinggi dari permukaan.

Saat banjir datang tak bisa dihindari, tim teknis juga memastikan ketersediaan daya di BTS yang terdampak banjir serta menyiapkan portable genset untuk mem-backup BTS yang terdampak pemadaman listrik.

 Sementara itu, selama banjir melanda, tim XL Axiata di lapangan yang bekerja siang dan malam dengan sigap mendatangi lokasi BTS yang terkena banjir maupun yang aksesnya terlanda banjir untuk memastikan bahwa jaringan bisa kembali normal.

“Bahkan, mengingat kondisi cuaca yang tak menentu, hingga saat ini, tim kami masih terus bersiaga. Rekayasa pengalihan jaringan juga kami lakukan dari pusat pengendalian jaringan guna mem-backup jaringan yang terdampak banjir,” imbuhnya.

Penyaluran bantuan

Sementara itu, guna meringankan beban warga Jabodetabek yang terlanda banjir, XL Axiara telah menyalurkan bantuan darurat berupa paket sembako. Penyaluran dilakukan pada 22-23 Februari 2021 di sejumlah titik, antara lain di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Begitu juga, penyaluran bantuan dilakukan di area Tangerang, seperti Ciledug Indah, Kampung Total Persada, serta Garden City Residence. Selanjutnya, di Bekasi dilakukan di Jati Mekar serta di wilayah perbatasan antara Cikarang -Karawang, tepatnya di Kecamatan Pebayuran.

Sementara itu, di Sulawesi Barat, bantuan disalurkan ke wilayah Majene dan Mamuju yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi. Bantuan yang disalurkan berupa makanan, air mineral, obat-obatan, masker, hand sanitizer, tenda, tikar, dan kebutuhan bayi. 

Bantuan yang sama disalurkan di sejumlah daerah terdampak banjir di Semarang dan Pekalongan (Jawa Tengah) serta di Subang dan Majalengka (Jawa Barat). Selain itu, tim XL Axiata turut mendirikan layanan telepon gratis di Posko korban banjir Subang.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN