Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menara BTS XL Axiata di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. (IST)

Menara BTS XL Axiata di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. (IST)

XL Axiata Terus Bangun Jaringan di Sukabumi

Senin, 12 Juli 2021 | 18:59 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk terus membangun jaringan telekomunikasi di berbagai wilayah, termasuk di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, guna mengantisipasi tren kenaikan trafik layanan data. Di wilayah tersebut, dalam dua tahun terakhir, telah terjadi peningkatan trafik data hingga 88%.

Guna menjaga kualitas jaringan data tetap prima dan sekaligus melayani permintaan pasar dari area-area baru, perseroan pun terus membangun jaringan, termasuk hingga ke perdesaan yang belum terjangkau layanan.

“Kami memang sudah terus memantau wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan, salah satunya Sukabumi ini,” ujar Region Group Head XL Axiata Jabodetabek Rd Sofia Purbayanti, dalam keterangannya, Senin (12/7).

Menurut dia, kenaikan trafik terjadi didorong oleh semakin nyamannya pelanggan atas jaringan dan produk XL Axiata serta terus bertambahnya pelanggan. Bahkan, perseroan mendeteksi permintaan dari area-area baru.

“Karena itulah, pembangunan jaringan data ini kami terus lakukan, baik untuk meningkatkan kualitas layanan di area yang terus mengalami kenaikan trafik maupun ke area-area baru yang memiliki potensi besar,” imbuhnya.

Sofia melanjutkan, saat ini, jaringan XL Axiata sudah menjangkau 70% wilayah Sukabumi dengan jaringan 4G, terdiri atas 52 kecamatan, 38 kelurahan, dan 326 desa.

Dalam setahun terakhir ini, perseroan telah menambah sekitar 109 BTS 4G. Total ada lebih dari 1.150 BTS yang kini tersebar melayani lebih dari 400 ribu pelanggan di wilayah Sukabumi.

Khusus di wilayah Kota Sukabumi, XL Axiata memiliki lebih dari 230 BTS, dengan jumlah BTS 3G/4G hampir mencapai 180 BTS. Jumlah tersebut meningkat 35% dibanding tahun lalu.

Untuk Kabupaten Sukabumi, terdapat lebih dari 900 BTS, sebanyak lebih dari 630 BTS merupakan BTS 3G/4G. Jumlah tersebut telah meningkat sebesar 33% dibanding tahun lalu.

Selain fokus membangun jaringan 4G, XL Axiata memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan kabel serat fiber optik yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Sukabumi.

Perseroan berharap, terhubungnya setiap BTS dengan kabel fiber optik dapat lebih meningkatkan kualitas jaringan dan tentunya secara otomatis akan memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan.

Pembangunan jaringan fiber optik terbaru di wilayah Sukabumi saat ini telah berhasil dilakukan pada 63 BTS yang saling terkoneksi. Terdapat 37 BTS yang tersebar di wilayah Kota Sukabumi yang sudah terfiberisasi.

Sementara itu, di wilayah Kabupaten Sukabumi, sebanyak 26 BTS yang sudah terfiberisasi. Jumlah BTS yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di seluruh Sukabumi akan terus bertambah karena kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan pertumbuhan trafik yang signifikan.

KEK Cikadang

Sementara itu, terkait dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cikadang yang berada di Bukit Algoritma, Kecamatan Cikadang dan Cibadak, yang direncanakan menjadi pusat pengembangan teknologi, seperti Silicon Valley, XL Axiata siap mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan datanya.

Saat ini, di kawasan tersebut telah dibangun 11 BTS 4G serta perseroan memperluas jaringan fiber optiknya. Selain membangun jaringan, XL Axiata telah menyiapkan sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat Sukabumi untuk mendukung produktivitasnya.

Sebagai bagian dari masyarakat Sukabumi, perseroan juga telah mendukung penyaluran kuota data untuk layanan Pembelajaran Jarak Jauh sejak tahun lalu. Selain itu, sejak Januari 2019 hingga Maret 2020, XL Axiata telah menyalurkan bantuan cepat tanggap saat terjadi bencana alam di Sukabumi.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN