Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjaring sampah yang berada di Kali Item, Sunter, Jakarta.  Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjaring sampah yang berada di Kali Item, Sunter, Jakarta. Foto ilustrasi: SP/Ruht Semiono

Anak Muda Perlu Terjun dan Bekerja di Sektor Lingkungan

Jumat, 3 April 2020 | 12:28 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Isu lingkungan menjadi isu yang paling sensitif dibicarakan karena setiap tahun ada saja permasalahan yang muncul berkaitan dengan lingkungan baik itu kebakaran hutan ataupun sampah plastik yang mencemari lautan.

Bencana alam yang terjadi seperti banjir ataupun tanah longsor pasti dihubungkan dengan masalah lingkungan. Agar lingkungan tetap lestari maka dibutuhkan peran anak muda untuk terjun langsung dalam menjaga lingkungan.

Dalam rangka memperingati hari hutan sedunia yang jatuh setiap tanggal 21 Maret diadakan Webminar#JobsforNature, sebuah seminar online yang membahas peran anak muda dalam menjaga lingkungan. Webminar ini juga mendapatkan dukungan dari @america dan melibatkan Koalisi Golongan Hutan, Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Prestasi Junior Indonesia, Rumah Millenials, Terra Komunika, Topkarir, Yayasan Rumah Energi, Youth Lab dan Katadata.co.id.

Sebagian besar dari mereka yang terlibat memang anak muda yang peduli terhadap kelestarian lingkugan dan bekerja atau memilih profesi yang berkaitan dengan lingkungan.Investor Daily pun diajak untuk mengamati dan mengikuti Webminar tersebut.

Data Scientist di Katadata.co.id Jeany Hartrianti mengatakan di Indonesia sendiri, peran generasi milenial untuk terjun dan bekerja di sektor lingkungan cukup sedikit mereka lebih banyak memilih bekerja di sektor industri ataupun start up.

Sebaiknya generasi milenial mulai diarahkan untuk bekerja di sektor lingkungan karena sangat bermanfaat, ide ide yang dihasilkan generasi milenial lebih fresh sehingga bisa menghasilkan terobosan untuk kebaikan lingkungan.

Jika terjadi kerusakan atau kebakaran hutan, anak muda bisa lebih cepat mencegah dan membantunya, untuk itu peran generasi milenial untuk melestarikan lingkungan sangat dibutuhkan dan bersifat urgent.

“Saat ini, Indonesia memang butuh anak muda yang peduli lingkungan, anak muda jangan hanya dekat dengan dunia start up saja tetapi juga butuh untuk lingkungan,” ujar dia.

Ia mengatakan masih banyak hutan di Kalimantan dan Sumatera dibakar untuk keperluan industri, aksi aksi seperti ini harus dicegah dan dihentikan.

Peran anak muda dibutuhkan disini seperti bekerjasama dengan masyarakat desa memberikan sosialisasi tentang bahaya membakar hutan atau mendukung gerakan masyarakat peduli api yang sudah dibuat pemerintah.

Antropolog dan Penulis Buku Generasi Kembali ke Akar Muhammad Faisal mengatakan bekerja di bidang lingkungan merupakan pekerjaan baru yang harus diajarkan ke generasi muda atau milenial.

Anak muda sekarang mempunyai hak untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan lingkungan yang bersih, menjadi petani memang sudah banyak tetapi menjadi orang yang peduli lingkungan masih sedikit dan inilah yang harus didorong ke depannya.

Pihaknya meminta agar sekolah- sekolah ataupun universitas mulai mengajarkan tentang masa depan lingkungan terutama hutan.
 

Jika mereka sudah diberikan pengetahuan tentang masa depan hutan di Indonesia mungkin hati anak muda mulai tertarik untuk bekerja di sektor lingkungan.

seperti diketahui, saat ini banyak hutan Indonesia yang dibakar ada yang dihukum ada juga yang dibiarkan, anak muda harus mengetahui fakta dan kondisi tersebut.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN