Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sirkuit Mandalika. Foto:IST

Sirkuit Mandalika. Foto:IST

Begini Rumitnya Jaga Kualitas Aspal Sirkuit Mandalika Tetap Prima demi MotoGP

Sabtu, 12 Maret 2022 | 13:01 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Komisaris PT PP Tbk (PTPP) Andi Gani Nena Wea memastikan pengaspalan ulang aspal di area maintrack Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dengan total panjang 1,6 km telah selesai.

Pekerjaan resurfacing dilakukan selama lima hari mulai tanggal 5-9 Maret 2022. Penyelesaian tersebut bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan, yaitu pada 10 Maret 2022.

"Seluruh proses berlangsung lancar dan kami dapat menyelesaikannya lebih awal dari waktu yang dijanjikan," katanya di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Andi Gani menegaskan, kualitas aspal Sirkuit Mandalika merupakan yang terbaik. PTPP merespons keluhan pembalap saat tes pramusim. Secara garis besar kualitas perbaikan aspal sudah sangat maksimal dan siap digunakan untuk gelaran MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Baca juga: PP Presisi (PPRE) Rampungkan Proyek Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika 

Andi Gani menuturkan, pengaspalan ulang dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga 5,5 atau sekitar 17,5% dari total lintasan sirkuit yang sepanjang 4,31 km tersebut.

Ia menjelaskan, dalam proses pengaspalan ulang terdiri atas tiga lapisan. Lapisan pertama, ada wearing course. Lapisan tersebut terdiri dari stone masthic aspalt yang merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat.

Pada lapisan kedua, kata Andi Gani, ada asphalt concrete. Lapisan tersebut memiliki ketebalan dan ridigitas yang cukup untuk mengurangi tegangan akibat beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan di bawahnya.

Pada lapisan ketiga, ada base course. Lapisan tersebut merupakan aspal bawah yang berfungsi untuk memperkuat struktur lintasan utama. Lapisan ini menggunakan batuan yang berasal dari Lombok Utara, Lombok Timur, serta Palu.

Perawatan

Tidak selesai pada tahap pengaspalan, Andi Gani menjelaskan, dibutuhkan proses perawatan agar pada saat penyelenggaraan MotoGP, Sirkuit Mandalika tetap prima.

Pertama, density test (tes kepadatan aspal). Pengujian secara tidak langsung dilakukan di laboratorium sementara, pengujian langsung di atas permukaan aspal. Tes ini dilakukan untuk mendapatkan angka ‘properties’ aspal yang telah terhampar.

Kedua, grip test. Tes ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kekesatan permukaan aspal menggunakan ‘sandi patch’ dan beberapa alat lainnya.

Baca juga: Airlangga: Mandalika Sangat Siap Gelar MotoGP

Terakhir, pembersihan dan perbaikan minor permukaan aspal. Pembersihan ini menggunakan alat berat seperti vacuum jet track dan juga pembersihan kerikil menggunakan alat khusus jika ditemukan.

"Selain itu pula dilakukan pembasahan permukaan aspal agar aspal yang diinginkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," ujarnya.

Andi Gani menegaskan, dalam pembangunannya, PT PP selalu memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com