Menu
Sign in
@ Contact
Search
Virus hepatitis

Virus hepatitis

Kemenkes: 18 Kasus Hepatitis Akut di Indonesia

Kamis, 12 Mei 2022 | 12:27 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat yang juga Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan sebanyak 18 kasus hepatitis akut secara nasional hingga Kamis (12/5/2022)

"Sudah ada 18 kasus dengan dugaan gejala hepatitis akut berat,"kata Nadia saat dihubungi Beritasatu.com,Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Hepatitis Akut, Pelaksanaan PTM Harus Patuh Protokol Kesehatan

Nadia menyebutkan 18 kasus tersebut merupakan rekapan data nasional dari lima provinsi, di antaranya DKI Jakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Jawa Timur. Sebanyak 9 pending klasifikasi dengan perinciannya 7 tidak memenuhi kriteria dan 2 masih menunggu hasil.

Hingga hari ini, ungkap dia, sebanyak 7 laporan kematian. Namun, dari 7 kasus kematian tersebut, dilaporkan 2 bukan disebabkan hepatitis akut. Dengan begitu, kasus kematian hepatitis hingga hari ini ada 5.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Nadia mengatakan, dari 15 kasus hepatitis akut yang terdeteksi di Indonesia, kasusnya tersebar di 5 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung. "11 orang DKI Jakarta, Sumatera Barat 1, Jawa Timur 1, Bangka Belitung 1, dan Jawa Barat 1," kata dr Nadia.

Baca juga: Cegah Hepatitis Akut, Para Dokter Anak Ingatkan Protokol Kesehatan

Nadia mengatakan, hingga saat ini, tercatat 5 orang pasien dilaporkan meninggal dunia dan sisanya 10 masih dalam perawatan. Ia menjelaskan rata-rata pasien yang terkena hepatitis akut berusia 1-6 tahun. "Usia 1-6 tahun paling banyak," pungkasnya.

Sebelumnya, ditemukan 3 anak dengan kasus hepatitis akut yang meninggal dunia di DKI Jakarta. Sedangkan dua kasus terbaru yang meninggal dunia yakni satu kasus kematian di Tulungagung, Jawa Timur dan satu kasus bayi berusia 1 bulan 29 hari di Solok, Sumatera Barat dengan suspek hepatitis akut berat.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com