Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sejumlah pembalap saat mengikuti sesi latihan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu 4 Juni 2022. (Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

Sejumlah pembalap saat mengikuti sesi latihan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu 4 Juni 2022. (Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

Jokowi Akan Dukung Rencana Dua Seri Formula E

Sabtu, 4 Juni 2022 | 18:03 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan mendukung bila ajang balap mobil listrik Formula E ditambah menjadi 2 seri. Karena perhelatan Formula E membawa dampak yang baik bagi negara Indonesia.

“Semua yang baik untuk negara ini, kita dukung,” kata Jokowi seusai menonton Formula E di Jakarta International E-Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Menurut Jokowi, dari awal pemerintah pusat sangat mendukung perhelatan balap mobil listrik yang dituan rumahi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mulai dari pembangunan fisik sirkuit balap di Ancol hingga bea cukai untuk mobil balap dan perizinan semua mudah dikeluarkan pemerintah.

Bahkan, ia turun sendiri ke lapangan untuk melihat progress pembangunan fisik sirkuit balap Formula E di Ancol.

“Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan, kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai, kemudian Kementerian Keuangan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga, izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan,” terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendukung bila JIEC menggelar semakin banyak  ajang balap mobil listrik. “Ya lebih baik kalau sebuah sirkuit semakin banyak even, akan semakin baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus. Setiap tahun 10 kali, 14 kali akan lebih baik,” tutur Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tiba di Sirkuit Formula E Ancol sekitar pukul 14.15 WIB, Sabtu (4/6/2022). Presiden Jokowi didampingi Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo turun ke lintasan di hadapan tribune royal box tempatnya menonton sekira pukul 14.37 WIB untuk memulai prosesi grid walk atau meninjau para pebalap sebelum start.

Mobil tunggangan pebalap Mercedes-EQ Formula E Team asal Belgia, Stoffel Vandoorne, langsung menyambut Presiden Jokowi di hadapan pintu yang dilewatinya untuk memulai prosesi grid walk.

Setibanya di grid terdepan, Presiden langsung disambut dengan prosesi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh vokalis band Gigi, Armand Maulana. Kemudian, dilakukan prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati mendiang wakil presiden kehormatan Federasi Otomotif Internasional (FIA) Jose Abed yang berpulang dua hari lalu.

Presiden kemudian kembali ke royal box di mana ia duduk diapit sejumlah pejabat seperti Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, CCO sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni.

Ini merupakan kali pertama Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah balapan mobil listrik besutan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Jakarta sedianya menggelar seri Formula E musim 2019-20, namun hal itu harus batal karena situasi pandemi Covid-19 memaksa balapan mobil listrik itu dituntaskan di Jerman.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com