Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
dr Michael Lawanto, pengusaha camilan dan klinik kecantikan

dr Michael Lawanto, pengusaha camilan dan klinik kecantikan

Sukses Membangun Bisnis Camilan dan Kecantikan, Ini Pesan dr. Michael Lawanto untuk Anak Muda yang Ingin Cepat Kaya  

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:40 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Dokter sekaligus pengusaha dr Michael Lawanto menjadi sosok di balik kesuksesan brand makanan Honey Pok dan klinik kecantikan dr. MF Beautycare. Michael memberikan tips suksesnya terutama untuk anak muda.

Michael mengawali bisnisnya dari dropshipper, breeding anjing peliharaan, hingga membuka usaha makanan dan klinik kecantikan. Semua itu ia lewati dengan rasa pantang menyerah. Berkembangnya Honey Pok dan dr. MF Beautycare tentunya tidak lepas dari prinsip -prinsip yang diajarkan kepada para stafnya.

Advertisement

“Saya selalu menuntut staf-staf saya untuk jujur. Kalau nggak dilandasi jujur, pasti akan sulit. Yang kedua, ulet. Ulet itu nggak cuma bekerja keras, tapi juga nggak mudah putus asa, berkemauan keras untuk mencapai tujuan dan cita cita,"  ujar dokter kelahiran 18 Januari 1990 itu.

Menurut pemilik akun instagram @dr.michaellawanto itu, ada yang salah dengan konsep kerja keras. "Saya nggak percaya dengan yang namanya kerja keras. Kerja keras hanya untuk orang yang tidak berpikir.  Yang berpikir namanya kerja cerdas. Staf yang punya prinsip ini pasti saya angkat jabatannya dan punya gaji yang besar," lanjut dr Michael.

dr.Michael memulai bisnis camilan ayam pada 2015. Motivasinya hanya satu. Supaya tidak terlambat membayar uang kuliah. Sedikit demi sedikit, bisnis camilan ini ia tekuni. Setelah terkumpul cukup modal, ia pun membuka gerai di Duta Mal Banjarmasin.

Setahun kemudian, Michael membuka gerai kedua di Mal Ciputra Surabaya. Demi memperluas bisnisnya, Michael memilih menawarkan sistem waralaba. Kini total ada 35 cabang Honey Pok di sejumlah mal di beberapa kota di Indonesia.

Keputusan memilih waralaba ini juga diambilnya karena ia juga tak ingin meninggalkan profesi dokternya. Michael membangun bisnis kecantikan dengan membuka klinik kecantikan dr. MF Beautycare.

Jadi Diri Sendiri

Diakui Michael, memang tak mudah meraih sukses apalagi cepat kaya. Untuk menjadi kaya, pesan Michael pada anak muda, janganlah tergoda pada platform investasi berkedok penipuan yang mengiming-imingi menjadi kaya dalam waktu cepat.

“Anak-anak muda sekarang itu sudah terdoktrin atau sudah biasa melihat orang sukses yang membagikan gaya hidupnya di media sosial. Pengen jadi si ini, pengen jadi itu. Jadi, mereka justru menginginkan hidup yang bukan hidup dia sendiri, malah ingin hidup orang. Nah anak-anak muda itu terlalu fokus di situ dan mau cepet kaya. Contohnya banyak yang tertipu kasus trading -trading kemarin. Intinya mereka itu harus lebih fokus sama diri sendiri," ujar dr Michael.

Ia memberikan pesan untuk anak muda yang sedang merintis usaha. Anak-anak muda harus jadi diri sendiri, gak boleh bandingin kekayaan orang dengan diri sendiri. “Ada baiknya kita bandingkan saja diri kita sekarang, sudah lebih baik belum dari diri kita sebelumnya? Dari setahun lalu? Sebulan lalu, ada progress nggak? Lebih baik begitu,” tutup dr Michael.

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN